Ke-2 hal diatas, memanglah jadi satu diantara perhatian paling utama dari beberapa riders, karna pada intinya, dari produsen sendiri telah membatasi perform maksimum yang diperlukan oleh customer. Akan tetapi, ada cara-cara yang bisa ditempuh supaya motor pengendara jadi hemat serta kencang. Perlu untuk diketahui, untuk buat motor jadi lebih kencang serta hemat yaitu dua dimensi yang berlainan, karna cukup susah memadukan ke-2 hal itu, tetapi ada 3 langkah paling utama untuk memadukan hemat serta kencang jadi satu, yakni :
1. Porting Polish
porting polishPorting polish adalah langkah pertama yang bisa ditempuh untuk buat motor jadi lebih kencang tetapi hemat bahan bakar sekalian. Porting polish dikerjakan di bagian head kendaraan, untuk membuat lancar sistem hisap serta buang ketika lakukan pembakaran dalam mesin. Sistem ini umumnya kurang di perhatikan oleh produsen, karna umumnya beberapa produsen menguber produksi masal untuk menghimpit penjualan. Porting polish bisa menaikkan ‘nafas’ serta tenaga motor pengendara, sekalian buat sistem hisap serta sistem buang jadi lebih efektif.
2. Papas Head
Papas HeadSelain porting polish, pengendara dapat juga lakukan sistem pemapasan pada head motor. Sistem ini dikerjakan untuk memadatkan serta menambah rasio kompresi pada motor yang buat motor jadi lebih mempunyai tenaga. Tetapi butuh diingat, kalau sistem pemapasan head cukup berisiko, terlebih saat mekanik tidak faham dengan keadaan motor. Oleh karenanya, perlu kecermatan serta penghitungan yang pas pada tempat head, boring, serta sisi yang lain seperti busi, klep serta seher supaya tidak alami ‘tabrakan’.
3. Perbesar Klep
Pada motor 4 tidak, klep dipakai untuk mengatur sistem pembuangan serta sistem penghisapan (in ex). Dengan lakukan perbesaran pada klep in serta ex, motor juga akan mempunyai nafas serta tenaga yang lebih panjang, serta lebih efektif dalam pembakaran, diluar itu pengendara bisa lakukan beberapa hal berikut ini :
- Pembuatan head dengan jumlah klep yang semakin banyak (3 klep)
- Pemakaian noken as yang berkualitas
- Pergantian head dengan system DOHC (untuk motor yang masih tetap berpedoman system SOHC Dual Valve)
4. Majukan Timing Pengapian
Timing pengapian bisa dimajukan, untuk percepat preses pembakaran, serta hasilkan efisiensi bahan bakar yang tambah baik sekali lagi. Umumnya dalam memajukan timing pengapian, anda bisa ganti komponen di bawah ini :
- CDI ; pemakaikan CDI dengan kurva pengapian yang semakin maju, atau pakai CDI yang timing pengapiannya bisa ditata.
- Koil ; koil bisa dipakai untuk jadi besar api yang nanti juga akan membakar AFR pada ruangan bakar.
- Bahan Bakar ; timing pengapian yang telah dimajukan, haram hukumnya memakai bahan bakar yang beroktan 88 atau premium, hal semacam ini juga akan mengakibatkan mesin jadi ngelitik serta sistem pembakaran jadi kurang prima.
5. Rajin Lakukan Service
Service mesin serta service karburator jadi hal yang begitu perlu untuk melindungi perform dari motor, dalam sistem service. Di bawah ini ada banyak hal yang perlu di perhatikan waktu service motor :
- Service serta bersihkan karburator dengan selesai.
- Bersihkan kerak di bagian head, klep, serta piston.
- Bersihkan busi, serta ganti saat mesti ditukar.
6. Janganlah Pakai Ban dengan Ukuran Lebih Besar
Ban standard motor yang di desain dari produsen yaitu ukuran ban yang paling baik dipasang atau jika menginginkan jadi besar atau mengecilkan ban maksimum ganti ban dengan 2 ukuran diatas atau di bawahnya. Jadi besar ban, tanpa ada ganti velg serta penambahan perform mesin, cuma juga akan buat beban mesin jadi berat serta jadi buat motor juga akan makin merasa berat.
7. Ganti Komponen ECU atau ECM
Komponen ECU atau ECMMotor moderen sekarang ini telah memakai tehnologi fuel injection, yang ditata oleh computer. Itu berarti tiap-tiap motor yang mempunyai system pembakaran dengan memakai fuel injection pastinya mempunyai ECM atau ECU yang mengatur. Pengendara bisa beli product ECM atau ECU aftermartket yang ada di market tetapi sayang, pergantian ECM serta ECU ini masih tetap mahal komponennya walau demikian mempunyai dampak yang begitu penting pada motor.
Bagaimana dengan memakai pengirit bahan bakar?
Sekarang ini telah banyak alat serta komponen penghemat bahan bakar yang tuturnya bisa menaikkan tenaga motor serta dapat menaikkan keiritan pada motor. Pada intinya hal semacam ini bisa punya pengaruh namun tidak 100%, kenapa? karna keadaan ini di pengaruhi oleh aspek motor tersebut tidak semuanya motor pas dengan pemakaian alat pengirit bahan bakar. Di bawah ini sebagian argumen yang mungkin saja bisa jadi pikirkan untuk memakai pengirit bahan bakar pad motor :
- Pengirit bahan bakar yang memakai komponen listrik, memliki potensi untuk mengakibatkan kerusakan komponen kelistrikan serta alami korsleting pada motor.
- Sebagian pengirit Bahanbakar berbentuk adiktif, hingga ada peluang motor juga akan ‘sakaw’ saat berhenti memakai pengirit bahan bakar itu.
- Check testimony pemakai dari media atau sumber yang kredibel, tidak cuma berdasar pada ‘katanya’ atau ‘menurut dia’ atau klaim dari produsen saja.
- Jika menginginkan memakai pengirit bahan bakar elektronik, yakinkan di baca baik-baik panduan pemasangannya serta klaim garansi dari pabrik.
- Senantiasa cermati keadaan aki kendaraan saat menempatkan perlengkapan pengirit bahan bakar dengan elektronik.
Tersebut cara-cara yang bisa dikerjakan supaya motor bisa jadi lebih hemat serta kencang sekalian. Mahal? Mungkin saja saja, karna saat menginginkan menguber perform serta keiritan yang baik tentu beberapa hal yang perlu di ubah tetapi sangat worthed. Selamat coba.
0 Response to "8 Cara Agar Motor Hemat Bensin Tetapi Kencang Tarikannya"
Post a Comment