Pengertian Mesin DOHC 4 Valve Pada Motor

Pengertian Mesin DOHC - Waktu kita menilik jalanan di sekitar kita tentu ada banyak motor yang seliwiran. Umumnya dibody motor dipenuhi singkatan-singkatan yang belum juga kita tahu. Misalnya DOHC 4 Valve, apa berarti?

Pengertian Mesin DOHC 4 Valve Pada Motor

DOHC adalah singkatan dari Double Overhead Camshaft. Apa berarti? label ini umum kita jumpai pada motor sekelas Suzuki Satria serta Honda CB yang mengisyaratkan konfigurasi katup yang diterapkan pada motor itu.

Apa peranan katup itu? serta apa pengaruhnya pada perform mesin? 

Untuk menjawab pertanyaan di atas, kita butuh mengulas system mekanisme katup dari pertama. Dengan ringkas, mesin 4 tidak bekerja dalam empat step. Langkah hisap, kompresi, usaha serta buang.

Waktu langkah hisap, udara serta bensin dimasukan dalam ruangan bakar. Begitu halnya langkah buang, gas sisa pembakaran di keluarkan dari dalam ruangan bakar. Kita ketahui, keadaan ruangan bakar mesti tertutup rapat supaya kompresi serta pembakaran dapat dikompresi dalam output yang maksimum.

Karenanya, dibuatlah satu mekanisme berbentuk katup diruang bakar yang peranannya buka serta tutup saluran intake ataupun exhaust sesuai sama timming pembukaannya.

Prinsip kerja katup, yaitu memakai poros yang diperlengkapi nok atau cam pada pojok spesifik. Poros nok ini, tersambung dengan poros engkol mesin lewat timming chain. Saat engkol mesin berputar-putar automatis poros nok juga berputar-putar. Waktu cam atau benjolan nok menghimpit katup, jadi katup itu juga akan terdorong karena bentuk cam yang menonjol. Hingga katup terbuka.

Sesungguhnya dalam satu mesin silinder tunggal cuma membutuhkan dua buah katup. Semasing berperan jadi katup hisap serta katup buang. Tetapi, untuk membuat lancar aliran udara dari serta menuju ruangan bakar jadi dibuatlah konfigurasi DOHC.

DOHC sangat mungkin dalam satu silinder mempunyai 4 buah katup yang semasing jadi katup hisap serta katup buang.
Sebelumnya diketemukan konfigurasi DOHC, lebih dulu lahir konfigurasi katup SOHC. Konfigurasi SOHC nyaris dipakai pada mesin motor yg tidak dilabeli dengan DOHC.

Apa bedanya SOHC serta DOHC? 

Pengertian Mesin DOHC 4 Valve Pada Motor

Bedanya ada pada jumlah katup serta poros nok. SOHC (single overhead camshaft) cuma mempunyai poros nok tunggal dengan dua buah cam untuk menjalankan dua buah katup. Sesaat DOHC (Double overhead camshaft) mempunyai dua buah camshaft yang semasing mempunyai dua cam untuk menjalankan empat buah katup.

Pengertian Mesin DOHC 4 Valve Pada Motor

Pasti pengaruhnya ada pada supply udara dari serta menuju mesin. Dengan logika konfigurasi 4 katup juga akan buat aliran udara semakin banyak serta lebih cepat karna semakin banyak lubang. Hingga untuk mesin memiliki 150 cc keatas, type DOHC mampu menghandle keperluan induksi udara dengan maksimum. Hal tersebut pasti juga akan berimbas pada output yang lebih kuat.

Bagaimana Langkah Kerja Katup DOHC? 

Pada umumnya, katup DOHC mempunyai prinsip kerja sama dengan mekanisme katup OHC. Cuma saja pada system DOHC, ada dua buah poros nok serta dua sprocket gear.

Waktu mesin dihidupkan, jadi poros engkol juga akan berputar-putar. Lewat timming chain, poros nok juga berputar-putar yang hasilkan pembukaan katup pada pojok yang telah ditetapkan.

Keunggulan mesin dengan konfigurasi katup DOHC salah satunya lebih responsif serta mempunyai top RPM lebih tinggi. Hingga di pastikan daya mesin dan top speed juga akan terdongkrak. Cuma saja, hal semacam ini juga akan berimbas pada penggunaan bahan bakar yang lebih boros.

Sekian artikel lengkap tentang langkah kerja katup DOHC 4 valve pada motor mudah-mudahan berguna.

0 Response to "Pengertian Mesin DOHC 4 Valve Pada Motor"

Post a Comment