Panduan Merawat Motor - Nyaris tiap-tiap jalanan di negara kita ini dipenuhi oleh sepeda motor. Sepeda motor sekarang ini kelihatannya telah jadi keperluan, terlebih dalam bagian transportasi. Dalam hal semacam ini, mengendarai sepeda motor sangat efisien. Dapat pergi menembus kemacetan dengan gampang serta cepat. Demikian halnya saat anda cuma menginginkan jalan-jalan. Anda bisa berjalan-jalan atau riding enjoy dengan motor anda. Akan tetapi, motor seperti anak sendiri, perlu perhatian. Anda jadi yang memiliki juga mesti sensitif pada keperluan motor anda. Jangan pernah keperluan si motor tidak tercukupi, serta jadi nanti ngambek.
Nah, untuk hindari ngambeknya motor anda, jadi anda mesti lakukan perwatan teratur pada motor anda. Perawatan ini, terkecuali bisa melindungi perform motor tetaplah baik, dapat juga melindungi keadaan fisik dari motor anda. Di bawah ini terdapat banyak panduan panduan yang dapat anda kerjakan untuk menjaga motor anda supaya tidak ngambek.
Paling tidak ada 10 panduan menjaga motor yang perlu anda kerjakan supaya motor kinclong serta awet dipakai dalam periode waktu panjang.
1. Servis Rutin
panduan menjaga motorKalau panduan ini kelihatannya anda semuanya telah memahami. Semuanya kendaraan bermotor haram hukumnya jika tidak lakukan servis dengan teratur. Servis teratur baiknya dikerjakan pada tiap-tiap motor. Baik itu motor yang serih dipakai untuk pergi, maupun motor yang tidak sering sekali dipakai.
Umumnya pabrik memberi referensi servis ruyin motor anda. Serta umumnya servis teratur dikerjakan pada range km. spesifik, seperti kelipatan 500 atau kelipatan 1000. Tetapi, ada pula yang berasumsi tambah baik lakukan servis teratur dalam hitungan bln.. Servis teratur dapat dikerjakan di bengkel resmi, maupun bengkel umum. Yang terutama yaitu saat servis teratur, yakinkan montir bersihkan serta menyetel ulang karburator atau injektor, mengecek rem, gas, kopling, serta check busi. Umumnya dalam servis teratur tidaklah terlalu banyak lakukan pergantian part, cukup membayar jasanya saja. Yakinkan montir lakukan servis dengan baik serta tak ada kekeliruan dalam lakukan servis.
2. Bersihkan Motor Sesudah Terserang Air Hujan
Panduan selanjutnya tidak punya pengaruh ke perform meain atau piranti elektronik motor, tetapi memberi efek yang begitu besar dalam lakukan perawatan motor anda. Cuci motor anda, terlebih sesudah terserang air hujan. Jika tidak pernah membersihkan, cukup semprot saja motor anda dengab air bersih. Kandungan asam yang ada pada air hujan bisa menyebabkan sistem oksidasi serta juga akan menyebabkan titik titik karat pada bebrapa sisi yang terbuat dari besi. Diluar itu, air hujan dapat juga menyebabkan beberapa sisa jamur di body motor anda.
Terkecuali karna hujan, anda juga harus membersihkan motor anda saat motor anda kotor karna lumpur atau tanah. Lumpur atau tanah yang melekat pada motor anda bisa menghalangi pekerjaan dari part-part bergerak pada motor anda, seperti rantai, roda, serta cakram. Membersihkan motor, terkecuali untuk bersihkan motor darinkotoran serta jamur, akan tingkatkan tampilan motor anda, serta juga akan tunjukkan kalau anda memanglah menjaga motor anda dengan baik.
3. Check Keadaan Air Aki
Untuk yang motornya memakai aki basah, hal semacam ini harus hukumnya untuk dikerjakan. Elemen pada aki basah memerlukan cairan yang umum kita sebut air aki supaya bisa berperan normal. Air aki juga akan menyusut bersamaan dengan pemakaian beban elektrikal pada motor anda. Jika anda tidak sempat mengecek ketinggian air aki, jadi saat air aki habis, aki anda tidak akan berperan dengan normal.
Saat air aki telah tampak ada di dawah batas normal, cepatlah beli air aki yang di bengkel-bengkel paling dekat. Demikian telah memperoleh air aki, segera tuangkan air aki itu. Tetapi butuh diingat, manfaatkanlah sarung tangan karet, serta jangan pernah air aki tumpah. Hal semacam ini begitu beresiko, karna air aki mempunyai sifat korosif serta keras.
4. Check Kekencangan Baut serta Kemelut Rantai
Next, anda mesti mengecek keadaan baut-baut pada motor anda. Check apakah ada baut-baut yang kendor. Baut yang kendor juga akan begitu membahayakan diri anda serta orang yang lain. Cobalah pikirkan jika baut roda motor anda kendor, serta mendadak lepas waktu anda tengah melaju kencang. Mengerikan bukan? Jadi, jangan sampai menyepelekan baut. Diluar itu upayakan ganti juga baut yang berkarat, supaya nanti tidak merepotkan waktu juga akan membongkar motor.
Terkecuali baut, yang kendor dapat juga berlangsung pada rantai. Rantai yang kendor juga akan keluarkan bunyi uang begitu menggangu. Upayakan setelan rantai tidaklah terlalu kendor, serta janganlah juga sangat tegang. Rantai yang sangat tegang berpontensi untuk lebih cepat aus serta putus.
5. Pakai Bahan Bakar Sesuai sama Dengan Referensi Pabrik
Butuh diingat, semuanya kendaraan bermotor memerlukan bahan bakar supaya bisa jalan. Nah, untuk motor yang mengedar di Indonesia, ada 3 pilihan type bahan bakar yang di tawarkan. Ada type RON atau Real Octane Number 89, 92, serta 95. Ke-3 type bahan bakar ini yaitu yang seringkali serta umum dipakai pada motor-motor di Indonesia.
Lantas, tentukan yang mana untuk motor anda? Dengan teori, penentuan bahan bakar sebaiknya sesuai dengan tingkat kompresi dari kendaraan anda. Yingkat kompresi bermacam, serta berlainan setiap motor. Motor dengan CC besar, belum juga pasti mempunyai nilai kompresi yang tinggi juga. Begitu juga demikian sebaliknya. Tetapi supaya anda tidak bingung dalam pilih type bahan bakar, anda bisa pilih bahan bakar sesuai sama referensi dari pabrikan. Hal semacam ini bisa dikerjakan karna pabrik telah mengerti serta mempertimbangkan dengan masak nilai RON paling baik yang bisa memberi perform paling baik untuk motor anda.
6. Ganti Pelumas Sesuai sama Referensi Dengan Rutin
Terkecuali mereferensikan nilai RON yang pas untuk kendaraan anda, umumnya pabrikan juga mereferensikan oli atau pelumas yang pas untuk motor anda. Tidaklah perlu ribet, anda cukup beli pelumas atau oli yang diberi label sesuai sama merk motor anda. Ubahlah oli dengan teratur. Pengganyian oli atau prlimas ini sifatnya relatif, bergantung pemakaian keseharian. Tetapi sebaiknya anda mrngganti oli mesin anda tidak lebih dari 3 bln. sekali supaya bahian mesin bisa terlumasi dengan maksimal.
Jika anda menginginkan coba merk pelumas beda, jadi anda harus juga memerhatikan nilai SAE dari pelumas. Upayakan anda memakai pelumas dengan nilai SAE yang hampir sama dari referensi pabrik. Diluar itu coba anda mencari rujukan merk pelumas dengan kwalitas yang baik. Janganlah tergiur harga pelumas yang murah. Tetapi belum juga pasti juga pelumas dengan harga tinggi pas pada mesin motor anda. Cocokkan pelumas yang anda pakai dengan spesifikasi yang direferensikan pabrik.
7. Senantiasa Pakai Spare Part Original atau Dengan Kwalitas Lebih Baik
Ini adalah hal yang perlu untuk perawatan motor anda. Senantiasa pakai sparepart original dari pabrik sesuai sama spesifikasi kendaraan anda. Tetapi, jika anda rasa spare part original di rasa kurang mutunya, anda bisa beli spare part beda, dengan kwalitas yang jauh tambah baik dari spare part original. Serta umumnya harga nya juga lebih mahal dari pada spare part original.
Jika telah waktunya anda lakukan pergantian spare part, cepatlah menggantinya, serta janganlah menahan-nahan. Jika anda tunda dalam ganti spare part itu, jadi di kuatirkan, juga akan memengaruhi keadaan spare part yang lain.
Serta yang paling perlu yaitu, upayakan tidak untuk beli spare part dengan kwalitas rendah. Meskipun mempunyai range harga yang relatif murah, tetapi spare part ini mempunyai umur yang lebih singkat. Manfaatkanlah senantiasa prinsip always original supaya perform motor anda tetaplah sempurna serta mengasyikkan untuk dikendarai.
8. Jauhi Membawa Beban yang Berlebihan
Telah jadi rahasia umum apabila motor di Indonesia banyak dipakai jadi kendaraan operasional dalam membawa barang. Anda tentu seringkali lihat motor standard yang bukanlah dikhususkan untuk membawa barang, dipakai untuk membawa beban terlalu berlebih, seperti tabung gas elpiji. Meskipun awal mulanya akan tidak merasa dampak buruknya, tetapi lama kelamaan, motor anda juga akan alami problem, terlebih di bagian shock breaker serta roda. Juga akan berlangsung penurunan peranan yang mencolok saat motor anda seringkali dipakai untuk menhangkut beban yang terlalu berlebih.
Upayakan anda membawa beban sesuai sama batas beban maximum yang direferensikan oleh pabrik. Umumnya beban maximum ini tercantum pada suatu stiker, yang ditempel dibagian depan motor, berbarengan dengan desakan angin ban yang disarankan. Motor pada intinya dipakai untuk transportasi, bukanlah untuk membawa beberapa barang dengan berat yang terlalu berlebih. Jadi coba untuk menjaga motor anda, dengan mempertimbangkan beban maximum yang dapat di terima motor anda.
Itu yaitu sebagian panduan yang bisa Anda kerjakan dalam menjaga motor anda. jika anda bisa menjaga motor anda dengan baik, jadi motor anda juga akan senantiasa ada pada level perform yang maksimal serta nyaman dipakai.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 Response to "10 Cara Merawat Motor Agar Tidak Rusak dan Tetap Bagus"
Post a Comment