Cara Perbaikan Motor Matik Yang Getar dan Geret

Perbaikan Motor Matik Getar - Sempatkah sahabat ngrasain motor Beat, Vario LED, Scoopy, Vario 125, atau Vario 150, atau matik yang lain getar? Benar ada memanglah ada getar pada kecepatan 30 km/jam s. d. 60km/jam. Tapi tidak semuanya motor matik getar, cuma sebagian yang bermasalah sesuai sama itu. Sekala getarnya juga beragam, ada yang hingga boncenger kerasa, ada juga yang buat kaki semutan. pemicunya apa sich? Mari kita bongkar, pasangnya lalu. Jika tidak nyoba bagaimana dapat.

Cara Perbaikan Motor Matik Yang Getar dan Geret

Step 1 Pengenalan Problem

Apakah problem yang kita juga akan perbaiki mengenai motor getar ini tunjukkan persoalan yang sama. Patikan kalau motor yang disebut yaitu matik. Dalam hal semacam ini kita juga akan mengulas ruangan lingkup di motor Honda Beat, Vario LED, Scoopy, Vario 125, Vario 150, injeksi ataupun karburator. dalam hal semacam ini tidak dibedakan pada Honda yang ESP atau Idling Stop,

Semua sama. Jika yang dirasakannya berlainan tentunya perbaikannya lain juga. Yang dirasakan ini bagaimana sich? La ini kita ketahui dahulu. Umumnya persoalan getar ini terlihat pada kecepatan pada 40km/jam s/d 60km/jam. Semakin lebih merasa bila pada kondisi jalan datar sesudah deselerasi (nglorot gas) lalu menjaga gas jadi juga akan keluar resonansi getaran yg tidak enak. Resonansi ini berlanjut sampai kecepatan geser ke 80 km/jam jadi getaran ini juga akan hilang.

Pada masalah yang sama ada yang menyebutkan dengan sebutan geret ada juga yang menyebutkan gredek. Tim BDPK (bongkar dahulu gunakan lalu) lebih sukai dengan kata geret. Jadi biasanya dimaksud geret geret karna jika buat jalan ada sisi yang halus/smooth ada yang getar. Problem ini dapat didapati s/d 30 % motor alami hal semacam ini. Serta selebihnya ada getaran namun rata jadi diambil kesimpulan saja kalau itu normal karna dapat pulih dengan sendirinya sesudah dipakai di atas 5000 km.

Step 2 Pencarian Part Bermasalah

Nah.. saat ini saatnya untuk mencari mana sich part yang bermasalah?. Jadi catatan, biarlah motor Beat, Vario LED, Scoopy, Vario 125, atau Vario 150 dingin terlebih dulu minimum hangat hangat agar tangan tidak terluka. Permasalah geret ini tentunya tidak dari sisi poros engkel ke atas. Kenapa sekian? Karna bila ada keolengan dimporos engkol atau sisi pembuat tenaga jadi juga akan berimbas pada tenaga bukanlah getaran. Kita persempit sekali lagi.

Karna tidak ada yang dirasakan pada handling umpamanya ; oleng, berat, semi, atau banting jadi dapat dipersempit kalau bukanlah pada pelek ke bawah. Saat ini tinggal sisi penggerak yakni CVT atau sisi v belt serta puley. Kenapa kita singkirkan sisi gardan karna persoalan gardan cuma keluar bila getaran yang dibuat rata atau pada semuanya kecepatan serta tidak berresonansi. Bila juga bertemura jadi nada yang diakibatkan dari motor Beat, Vario LED, Scoopy, Vario 125, atau Vario 150 itu stabil (mungkin saja mengeras saat untuk akselerasi atau beban berat).

Telah diperoleh cvt yang kita sudutkan untuk jadikan tersangka. Jadi apakah v belt yang bermasalah atau drive face atau mungkinkah dirven face. Drive face unruk puli depan serta driven face untuk pulley belakang. Sebelumnya dibongkar alangkah sebaiknya motor dihidupkan saat cover cvt dibongkar. Tidak jadi masalah bila menghidupkan motor dalam keadaan tutup CVT dengan catatan untuk tidak jalan. Untuk type motor matik yang belum juga ESP pada Honda jadi tahan pillion starter dengan tangan supaya pillion starter tidak terlepas.

Cermati apaka ada persoalan yg tidak normal, umpamanya ; nada, gerakan v belt, rotasi pulli. Untuk masalah geret ini, juga akan tampak v belt bergerak tidak stabil serta relatif bergelombang dengan bertukaran dengan amplitudo yang beragam yang memberikan ada geret ini. Yakinkan sekali lagi kalau saat diputar jadi tampak poros driven face atau poros belakang oleng saat berputar-putar. untuk memutar poros belakang cukup hanya memutar roda belakang jadi juga akan tampak keolengan ini.

Walau demikian apakah keolengan ini datang dari porosnya yang bengkok? belum juga pasti. serta masalah yang banyak berlangsung jadi keolengan poros hilang saat mur pully ini dilepaskan. dapat dengan memgang as poros belakang ini sambil memutar roda belakang jadi akan tidak terlihat keolengan. Dapat diserahkan hipotesis kalau keolengan datang dari mur yang saat dikencangkan juga akan menyebabkan keolengan.

Untuk meyakinkan hipotesis ini jadi dapat dikerjakan dengan memakai feeller 0, 10 mm atau dapat pula dipakai feeler sampai 0, 25 mm untuk ketahui keolengannya. Langkahnya gampang, cukup hanya meyelipkan feeler ini pada mur serta ring yang terpasang di poros driven face. Lalu putar dengan perlahan poros belakang ini dengan memutar mangkoan kampas ganda. Kenapa tidak memutar roda belakang? karena putaran semakin lebih cepat karena perbandingan gigi yang ada pada gigi-gigi gardan. Juga akan dibuat hasil yang mengagetkan, bahawa ada celah yang longgar serta celah yang sempit.

Dimpulkan bahawa mur 19 ini oleng. Pastnya juga akan muncul pertanyaan kenapa tidak menyalahkan mangkoan kampas ganda yg tidak oleng? karna bila diputar tanpa ada mur ini jadi juga akan tampak kalau mangkoan ganda ini tidak oleng. Bagaimana juga dapat satu mur tidak lurus dengan kata lain oleng? karena sistem pemberian susunan nikel yang putih itu sangat panas akhirnya mur jadi tidak presisi.

Step 3 Jalan keluar Perbaikan

Jalan keluar dari persoalan ini sudah pasti secara cepat kita juga akan ganti mur ini. Juga akan tetapai, apakah dapat di pastikan mur pengganti juga akan lurus serta persisi? lalu mudahkah mencari ukuran mur itu. pasti susah mencari mur ukuran 19 dengan drat seukuran mur 14. kenapa tidak kita pakai mur 14 saja? sudah pasti dengan torsi 49Nm dapat mengakibatkan kerusakan drat karena kemampuan mur 14 lebih kecil dibanding mur 19. Serta untuk melindungi mangkoan ganda ini pastinya tidak dapat dipercayakan pada mur 14.

Perbaikan yang dipakai tim BDPK dengan meluruskan mur itu dengan memakai kikir. Sisi mana yang juga akan dikikir? kikirlah permukaan mur yang menghadap ring yang mempunyai celah sempit. Oleh karenanya, mur butuh diikuti dengan panduan ex atau dapat juga dengan alat yang ada, yakni dengan kikir bagia yang juga akan dikikir. Kerjakan pengikiran sampai tampak kalau hasil pengikiran sahabat lebih dalam di bagian yang sempit untuk hasilkan celah yang sama.

Apakah cuma sekali saja cukup? sesudah disangka cukup, cobalah dites dahulu mas gan... gunakan mur serta tempatkan feeler di antara ring serta mur. Akhirnya tentu masih tetap ada ketidaksamaan celah yang penting. jadi cermati permukaan mur yang masih tetap sempit untuk dikikir kembali. Kerjakan sekian kali sampai hasilkan permukaan yang sama kerenggangannya. muncul pertanyaan, berapakali sistem kikir-periksa, kikir-periksa? dapat sampai 7 sampai 10 kali bergantung dari feeling sahabat semuanya.

Step 4 Evaluasi

Seperti tes saja ada evaluasinya. Ya sudah pasti jika tidak dievaluasi bagaimana dapat pulih. Sebelumnya ditutup rapat-rapat, dibaut semuanya baut 8 tutup CVT nya jadi semakin lebih baik bila dites dahulu. Kan tidak ingin juga bongkar-pasang tutup CVT. Pengecekannya ada dua aspek, bila dua aspek ini tidak tercukupi tentu akhirnya tidak maksimum.

Aspek pertama. 

Dalam keaadaan mur yang telah lurus permukaan yang menghadap ke ring mangkoaan ganda jadi torsi pengencangan akan tidak mentul. Mentul di sini ditujukan pengencangan cuma sekali tarikan telah memperoleh torsi yang dikehendaki yakni 49. Untuk pengencangan yang merasa ngaret dengan kata lain kenyal (mentul ini yang ditujukan) jadi jelaslah pengikiran belum juga maksimum. Kenapa sekian? peluang kontrol memakai feeler masih tetap belum juga berperasaan, dengan kata lain perasaan sahabat belum juga tajam. kerjakan pengikiran kembali sampai maksimum.

Aspek ke-2. 

Bila pengencangan mur 19 ini telah di rasa mantap tanpa ada ngaret, yakinkan kalau poros tidak oleng. langkahnya dengan memutar perlahan-lahan tempat poros ini dengan kasap mata jadi juga akan tampak keolengan ujung poros ini. Jika masih tetap ada keolengan, walau sebenarnya hasil pengikiran telah maksimum jadi apa yang bermasalah sekali lagi?. Pastikanlah sahabat bersihkan kotoran residu pengikiran pada drat mur dengan bersih.

Cara Perbaikan Motor Matik Yang Getar dan Geret

Bila ke-2 aspek ini tercukupi jadi juga akan sahabat rasakan tak ada sekali lagi geretgeret di motor matik sahabat. Bilamana akhirnya tidak cocok keinginan jadi masihkah ada persoalan yang lain? Coba check apakah dalam kondisi CVT terbuka masih tetap ada gerakan v belt yg tidak tenang. Bila masih tetap ada gerakan v belt yg tidak stabil dengan keadaan kalau ujung poros belakang tidak oleng jadi bawalah motor motor Beat, Vario LED, Scoopy, Vario 125, atau Vario 150 sahabat ke bengkel paling dekat.

Dapat di pastikan keolengan datang dari movable driven face. bagaimana semudah ini menyimpulkan? Karena keolengan yang dikarenakan oleh mur ini telah sangat lama yang menyebabkan keausan yang berlangsung pada dinding dalam movable driven face tidak rata terhapat permukaan driven face.

Tim BDPK merekomendasikan untuk sesegera mungkin saja bila merasa geret atau getaran tidak normal dikerjakan selekasnya perbaikan. Tim percaya sahabat dapat lakukan sendiri karna alat yang diperlukan hanya :

  1. T8, 
  2.  Kunci Moment 
  3.  sok 19 
  4.  kikir (kikir halus tambah baik) 
  5.  Feeler, dan 
  6.  Penahan Poros belakang. 

Sillakan bongkar saja, akan tidak meledak. Gunakan lalu motor Beat, Vario LED, Scoopy, Vario 125, atau Vario 150 kalian, jika tidak dapat tinggal telpon bengkel terdakat...

Silahkan Coba...

0 Response to "Cara Perbaikan Motor Matik Yang Getar dan Geret"

Post a Comment