Kekurangan Satria FU – Siapa yg tidak kenal dengan motor ini, semuanya kelompok tentu begitu hafal dengan kuda besi yang satu ini. Motor garapan Suzuki ini kenyataannya jadi satu diantara product motor paling disukai di Indonesia. Bagaimana tidak motor berjenis Ayago ini juga akan begitu gampang kita jumpai dari kota sampai pelosok desa. Motor ini jadi icon sendiri untuk anak muda penggila motor.
Tetapi kesempatan ini kita tidak mengulas bagaimana motor ini berhasil membius customer tanah air, tetapi kita juga akan mengulas beragam penyebabnya rusaknya dan kekurangan satria FU serta langkah mengatasinya.
Persoalan yang juga akan kita ulas di bawah, datang dari yang dirasakan yang memiliki Satria FU dari beragam th. terutama ditahun 2010 hingga 2014 yang dapat disebut laku manisnya Satria.
Beberapa masalah ini memanglah terlihat sepele serta seringkali didapati juga di motor-motor beda. Tapi pemicunya tentu tidak sama, nah berikut yang juga akan kita paparkan pada penjelasan di bawah.
Terdapat banyak rusaknya pada satria Fu, salah nya ialah mesin brebet di RPM rendah. Penyakit ini nyaris kita jumpai pada setiap generasi satria Fu.
Lalu bagaimana caranya menangani rusaknya ini? serta apa sajakah rusaknya beda yang seringkali dikeluhkan pemakai motor ini? simak selalu artikel ini hingga selesai.
Beragam Kekurangan Pada Satria FU
Rusaknya pada sepeda motor yaitu hal yang lumrah, terutama saat motor itu telah dipakai melampaui batas pakainya. Tetapi pada sebagian masalah juga akan kita jumpai persoalan yang semestinya tidak didapati, terlebih keadaan motor masih tetap baru. Hal semacam ini barangkali berlangsung karna ketidaksesuaian setelan pabrik maupun persoalan kwalitas material komponen. Pada Suzuki Satria F 150 juga akan kita jumpai kekurangan seperti berikut
1. Mesin Brebet pada RPM rendah
Yang dirasakan pertama yang seringkali didapati pada FU yaitu mesin yang brebet di RPM rendah. Keadaan ini sangat mengganggu terutama saat waktu ada pada pukul macet. Mesin juga akan telat merespon pembukaan gas, pada akhirnya nada brebet pada mesin juga akan keluar sebeum pada akhirnya mesin itu mati.
Umumnya hal semacam ini disebabkan oleh settingan karburator yang kurang pas. Menurut Muhammad Amin, yang memiliki bengkel SAM Motor di lokasi Tebet memaparkan kalau ukuran pilot jet pada FU yaitu 12, 5. Pasti sangat kecil untuk motor sekelas 150 cc yang mempunyai venturi karburator 26.
Untuk mengatasinya kita cuma butuh ganti pilot jet dengan ukuran semakin besar, umumnya mencapat ukuran 15. Tetapi mesti yang ori karna saat dimensi pilot jet kurang presisi pada karburator jadi juga akan menyusahkan setingan karburator.
Penyebabnya mesin brebet yang lain dapat datang dari busi yang telah tidak standard. Elektroda busi yang lemah juga akan menghalangi sistem pembakaran, hingga mesin juga akan alami tanda brebet. Pemecahannya cukup hanya ganti busi FU dengan yang baru.
2. Mesin Sulit Dihidupkan
Problem beda yang cukup mengganggu pada Fu yakni saat mesin sulit dihidupkan. Umumnya keadaan ini keluar saat usai punyai urusan dengan air, tak tahu usai dicuci maupun karna hujan/banjir. Tandanya mesin juga akan brebet sebelumnya pada akhirnya mati, serta waktu dihidupkan kembali juga akan begitu susah.
Kekurangan ini bisa berlangsung karna ada percikan air masuk dalam ruangan mesin. Air bisa masuk lewat lubang busi. Mengingat tempat busi Fu yang tegak buat lubang ini begitu rawan digenangi air. Tetapi sesungguhnya mesin satria Fu telah mempunyai system yang bisa buang air dari dalam mesin. Hal semacam ini bisa kita saksikan dari lubang yang terdapat pas di bawah exhaust manifold. Tetapi karna lubang ini terdapat menghadap roda depan, jadi rawan pada cipratan lumpur yang juga akan tutup lubang ini. Hingga kehadiran lubang ini juga akan percuma.
Advertisement
Jadi jalan keluar atas kekurangan ini, coba untuk mengecek lubang pembuangan ini memakai lidi atau sedotan. Bila lubang telah terbuka umumnya air juga akan mengucur serta mesin bisa kembali dihidupkan. Untuk menghindar air masuk dalam mesin, sebagian yang memiliki Satria Fu umumnya memberikan isolasi/selotip pada kabel busi. Maksudya untuk meminimalkan rembesan air yang masuk lewat busi.
3. Mesin Yang cepat panas
Berlainan dengan Vixion atau CB-150 yang sudah mengusung system pendingin air, satria Fu versus karbu masih tetap memakai sirip udara pada mesin untuk mentransfer panas ke udara luar. Terkecuali memakai sirip udara Fu juga diperlengkapi dengan oil cooler yang bisa mendinginkan oli mesin.
Hingga dapat disebutkan satria Fu memiiki dua unit pendingin mesin. Tetapi bila kita lihat dimensi oil cooler motor ini, sangat kecil. Mengakibatkan waktu kita melaju dengan kecepatan rendah, udara panas mesin juga akan merasa hingga kaki karna aliran udara yang melalui oil cooler kecil.
Tetapi anda tidaklah perlu cemas, tiap-tiap motor yang memakai pendingin sirip udara juga akan rasakan hal tersebut. Yang butuh anda kerjakan cuma lakukan pengecekan komponen pendingin mesin, seperti mengecek keadaan sirip oil cooler. Karna komponen ini rawan penyok saat memperoleh desakan yang datang dari batu atau semprotan steam air. Untuk beberapa jagalah, anda bisa menempatkan pelindung berbentuk cover pada oil cooler untuk menghindar benda tentang oil cooler.
Terkecuali oil cooler, yakinkan juga kwalitas serta jumlah oli mesin dalam kondisi baik. Karna terkecuali jadi pelumas, oli mesin juga berperan jadi fluida untuk mendinginkan mesin.
4. Nada mesin berisik
Persoalan selanjutnya yang identik dengan Satria Fu yaitu bunyi-bunyian pada mesin. Kelihatannya nyaris semuanya pemakai motor ini mengeluhkan problem ini. Tandanya juga akan terdengar bunyi “tik tik tik” dari dalam mesin. Tetapi bunyi itu hilang saat motor mulai jalan.
Dari sebagian masalah sebagian besar memiliki pendapat kalau bunyi ini muncul dari dalam tensioner mesin. Tensioner ini berperan untuk mengatur kemelut rantai keteng atau timing chain pada mesin Fu. Tensioner bekerja automatis dengan memakai desakan pegas. Tetapi pegas ini rawan sekali, hingga waktu kemampuan pegas melemah timing chain juga akan kendur serta bunyi gemercik dari dalam mesin tentu terdengar.
Langkah mengatasinya yakni dengan ganti per tensioner dengan per aftermarket yang mempunyai kemampuan semakin besar. Dengan keinginan timing chain tak akan kendur. Tetapi waktu ganti tensioner dengan kemampuan pegas semakin besar, dianjurkan untuk ganti timing chain dengan kemampuan yang semakin besar juga. Hal semacam ini mempunyai tujuan supaya rantai tidak putus waktu diregangkan oleh tensioner yang mempunyai kemampuan besar.
Diluar itu, pemakaian tensioner manual juga jadi alternatif bila anda tidak mau ganti timing chain sekalian. Keunggulanya, kita bisa mengatur keregangan timing chain hingga tidak takut putus. Tetapi karna berbentuk manual, jadi anda mesti senantiasa lakukan pengecekan untuk meyakinkan rantai tidak kendur.
6. Transmisi Sulit Di Netralkan
Untuk kekurangan satria Fu paling akhir sangat mengganggu. Umumnya motor mesti didorong maju terlebih dulu supaya transmisi bisa masuk ke tempat netral. Problem ini mungkin muncul pada satria Fu yang masih tetap gress dengan kata lain baru. Lalu kenapa dapat sesuai sama itu?
Tak ada penyebabnya pastinya akan yang dirasakan ini, tetapi berdasar sebagian pengalaman yang memiliki Fu yang rasakan yang dirasakan ini merekomendasikan untuk lakukan pergantian oli serta lakukan penyetelan ulang pada kopling.
Coba untuk ganti oli mesin Fu dengan oli semi sintetik serta mengubah setelan kopling motor ini jadi lebih jauh atau full. Penyetelan ini bisa anda kerjakan pada handle kopling di bagian atas. Jadi problem ini juga akan hilang dengan anggapan tak ada rusaknya pada system kopling serta transmisi.
Sekarang ini kehadiran motor berjenis Ayago kelihatannya mempunyai ketertarikan sendiri terutama untuk anak muda. Hal semacam ini bisa kita saksikan waktu Honda me-release sepeda motor berjenis ayago untuk menyaingi FU. Tetapi Suzuki tidak tinggal diam, Satria FU injeksi pada akhirnya di luncurkan dengan mesin dan design yang lebih fresh. Apakah generasi Satria paling baru ini masih tetap mempunyai kekurangan yang telah kita ulas di atas? kita tunggulah saja.
Tersebut kajian singkat tentang beragam kekurangan satria Fu serta langkah mengatasinya. Mudah-mudahan bisa berguna.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 Response to "6 Kekurangan Satria FU dan Langkah Mengatasinya "
Post a Comment