Peranan basic dari kiprok sepeda motor yaitu untuk mengatur serta membagi system kelistrikan yang ada pada sepeda motor. Pada umumnya, pada sepeda motor terbagi dalam 2 sisi kelistrikan, yakni kelistrikan DC serta kelistrikan AC. Kelistrikan DC pada sepeda motor mencakup sisi pengecesan pada baterai atau AKI, sedang kelistrikan AC mencakup suplay arus listrik ke lampu paling utama serta sebagian lampu sein. Tetapi pastinya system kerja dari kiprok ini sesuaikan dari tehnologi sepeda motor. Terdapat banyak sepeda motor yang telah memakai full wave arus DC di mana kelistrikan motor semuanya telah memakai arus listrik DC, hingga system kerja kiprok pada sepeda motor itu cuma mengatur system charger ke baterai atau AKI sepeda motor.
Mengingat perlunya peranan kiprok buat keadaan kiprok mesti tetaplah terbangun dalam keadaan baik. Jika kiprok dalam keadaan tidak maksimum, jadi pastinya system kelistrikan pada sepeda motor juga akan terganggu. Oleh karenanya sebaiknya kita ketahui terlebih dulu efek-efek yang diakibatkan dari rusaknya kiprok.
Tanda-tanda kiprok sepeda motor alami rusaknya
- Nyala lampu sepeda motor lebih redup dari umumnya, meskipun bohlam lampu telah ditukar dengan yang baru
- Keadaan kiprok cepat panas saat sepeda motor telah dihidupkan.
- Aki seringkali tekor walaupun tidak dipakai untuk menghidupkan beban yang berat, umpamanya lampu HID ataupun klaksok type keong.
- Pada point yang ke 3, meskipun aki/baterai telah ditukar dengan yang baru, dalam periode waktu yang cukup dekat, aki kembali tekor, umumnya tidak dapat dipakai untuk menyalakan mesin sepeda motor memakai elektrik starter.
Jika keadaan sepeda motor anda alami hal seperti sebagian masalah di atas, jadi anda dapat mencurigai kalau kiprok sepeda motor anda alami rusaknya. Untuk meyakinkan kalau kiprok sepeda motor anda rusak, jadi anda mesti membukanya terlebih dulu baru lalu memperbaikinya. Untuk dapat melakukan perbaikan kiprok sepeda motor, jadi anda mesti sediakan sebagian alat kerja.
Perlengkapan untuk melakukan perbaikan kiprok sepeda motor yang rusak
- Obeng untuk buka body sepeda motor
- Multimeter
- Penyedot timah/tinol solder
- Gunting/cutter (optional menyesuikan keperluan)
Sesudah anda menyiapkan semua keperluan perlengkapan di atas, jadi sistem perbaikan kiprok sepeda motor dapat diawali. Janganlah lupa berdoa dahulu agar sistem perbaikan kiprok dapat jalan dengan lancar sekalian berhasil.
Langkah Melakukan perbaikan Kiprok Motor Yang Rusak
Langkah awal, silakan anda dapatkan dahulu tempat kiprok pada sepeda motor anda. Ingat, tiap-tiap type sepeda motor mempunyai tempat yang berlainan. Jika anda sangsi, anda dapat ketahui tempat kiprok sepeda motor yang memohon pertolongan ke google pastinya. Anda cukup tulis keyword “letak kiprok sepeda motor…. ” di google image, jadi kurun waktu yang relatif singkat anda juga akan diberi info memakai gambar tempat dari kiprok sepeda motor.
Langkah selanjutnya, silakan anda check terlebih dulu keadaan soket/kaki-kaki dari kiprok, yakinkan kalau tak ada soket yang longgar atau kendor. Janganlah tergesa-gesa membongkar kiprok. Jika ada soket/kaki-kaki yang kendor, silakan anda kencangkan serta silakan eksperimen dengan menyalakan sepeda motor. Pakai untuk menyalakan lampu paling utama pada sepeda motor. Jika nyala lampu telah jelas kembali, bermakna problem cuma pada soket kiprok. Tetapi, jika nyala lampu masih tetap redup, jadi kita dapat meneruskan ke sistem perbaikan setelah itu.
Pada step selanjutnya yaitu sistem pembongkaran kiprok. Silakan anda congkel di bagian bawah kiprok untuk buka penutupnya. Dalam kiprok terbagi dalam sebagian komponen elektronika, dari mulai kapasitor, resistor, transistor serta dioda. Komponen-komponen tersebut yang bertugas untuk mengatur system keseluruhannya pada sepeda motor. Jika satu diantara komponen itu alami rusaknya, jadi sudah pasti peranan dari kiprok juga akan terganggu.
Langkah check komponen di dalam kiprok sepeda motor
- Step pertama, silakan anda cermati semua sisi pada kiprok dengan cermat, terlebih di bagian kaki-kaki komponen elektronikanya. Cermati warnanya, adakah yang gosong atau tidak. Jika ada komponen yang gosong, jadi anda dapat selekasnya menggantinya dengan yang baru.
- Terlepas komponen eketronika dengan terlebih dulu menyingkirkan timah solder yang ada di bagian bawah komponen agar lebih gampang di terlepas.
- Jika anda tidak temukan komponen elektronika yang gosong/beralih warna, silakan anda mulai melalukan penelusuran satu per satu komponen yang ada. Pada umumnya, komponen elektronika yang baik juga akan ditunjukan dengan jarum ohm mtr. yang bergerak saat dikerjakan pengukuran.
- Saat jarum penunjuk ohm mtr. diam/tidak bergerak ketika komponen elektronika di kiprok sepeda motor diukur, jadi komponen itu bisa dicurigai alami rusaknya.
- Silakan anda cobalah ganti komponen-komponen yang dicurigai alami rusaknya itu sembari dikerjakan eksperimen peranan kiprok itu lewat cara menyalakan mesin sepeda motor.
- Jika semua usaha ganti komponen-komponen elektronika diatas tidak membawa hasil, jadi langkah termudah yaitu dengan ganti kiprok sepeda motor dengan yang baru. Dengan tehnik sesuai sama itu, jadi kita tidaklah perlu bebrapa ribet di dalam ganti komponen-komponen elektronika di dalam kiprok.
Demikian kajian tentang Langkah Melakukan perbaikan Kiprok Motor Yang Rusak dengan gampang serta cepat tanpa ada mesti membawanya ke bengkel. Dengan mengerti langkah melakukan perbaikan kiprok sepeda motor sendiri, kita juga pastinya dapat menghemat saat serta pengetahuan kita di bagian otomotif elektronika makin bertambah. Sekian dan Terima kasish Salam gondil otomotif
Baca Juga:
CARA SERVIS RINGAN SUZUKI SPIN DENGAN MUDAH
0 Response to "CARA MEMPERBAIKI KIPROK SEPEDA MOTOR YANG RUSAK DENGAN MUDAH"
Post a Comment