PROSEDUR SERVIS RINGAN SEPEDA MOTOR MATIC SUZUKI SPIN
Beberapa langkah dalam servis sepeda motor matic yaitu seperti berikut :
PERSIAPAN ALAT DAN BAHAN KERJA
Persiapan yang pertama sekali sebelumnya lakukan servis sepeda motor matic spin yaitu kita mesti sediakan perlengkapan serta bahan yang mensupport dalam sistem servis itu. Adapaun perlengkapan itu yaitu Obeng plus serta obeng minus, tang, kunci T (ukuran 8, 10, 12 serta 14), tool kit set, feeler gauge, multi tester dsb. Bahan yang dipakai yaitu panci/mangkuk tempat penampungan, bensin, majun (kain lap), amplas serta Kompressor udara. Serta tidak saat perlunya yaitu problem ruang tempat servis mesti bebas atau ruangan terbuka, agar udara bebas masuk serta keluar terlebih gas Carbondioksida yang dibuat dari kenderaan bisa segera terbuang atau keluar ke udara luar.
Sebelumnya lakukan servis, tempatkan sepeda motor dengan tempat pada dongkrak tengah supaya sepeda motor berdiri dengan stabil.
- Buka semuanya baut body cover yang yang menutupi sisi mesin depan dari sepeda motor dengan obeng +.
- Letakkan baut pada satu tempat penampungan bahan supaya tidak berlangsung kesusahan, kekurangan baut waktu pemasangan kembali.
- Letakan body cover di tempat yang aman (untuk hindari pecah karena terpijak)
MEMERIKSA TEGANGAN BATTERY
- Ambillah multi tester, tujukan selector pada 50 DCV serta hubungan kabel posistif pada multi tester ke terminal posistif batterai serta kabel negatif pada multi tester dengan terminal negatif batterai.
- Baca hasil pengukuran. Bila hasil ukuran yang didapat lebih dari 12 volt bermakna batterai dalam keadaan baik, bila hasil pengukuran batterai memberikan kurang dari 10 volt, mengeluarkan batterai dari dudukannya serta charge batterai.
MEMERIKSA SARINGAN UDARA
- Bebaskan cover saringan udara pada raditor.
- Buka baut cover serta keluatkan saringan udara.
- Bersihkan nringan udara.
- Bersihkan cover saringan udara dengan kain lap atau pakai udara kompressor.
- Gunakan kembali saringan udara pada cover saringan udara.
MEMERIKSA DAN MEMBERSIHKAN KARBURATOR
Mengenai langkah langkah dalam bersihkan system Karburator pada sepeda motor Suzuki Spin matic yaitu :
- Buka semuanya selang-selang karet yang tersambung pada karburator.
- Untuk selang bahan bakar, tutup selang dengan tutup keran bahan bakar atau tutup ujung selang dengan memakai penutup seperti obeng.
- Bebaskan baut pengikat karburator pada saluran masuk (intake manifold)
- Mengeluarkan karburator dari dudukannya.
- Buka tali gas dari karburator
- Sesudah karburator terlepas dari semuanya komponen yang mengikat, tempatkan karburator dalam tempat penampungan (mangkuk) yang diisi bensin (seperlunya).
Buka komponen karburator :
- Buka baut dari penampungan bahan bakar pada karburator (baut pelampung)
- Buka pin pelampung serta mengeluarkan pelampung dari karburator.
- Buka zet needle atau spuyer karburator.
- Buka sekrup stasioner serta skrup udara pada karburator.
- Semuanya komponen sisi dalam dari karburator yang di buka, tempatkan (kumpulkan kedalam mangkuk penampungan).
Bersihkan semuanya komponen sisi dalam karburator dengan memakai kuas/sikat serta bensin. Sesudah dibikin bersih ;
- Semprotkan udara kompress pada semasing sisi komponen hingga kotoran-kotoran yang melekat hilang.
- Semprotkan juga di bagian lubang-lubang spuyer (zet needle).
- Cermati lubang dari spuyer itu, bila ada penyumbatan, semprotkan kembali dengan udara kompress, bila perlu ambilah satu jarum untuk membebaskan lubang spuyer itu dari kotoran yanng tidak bisa di hilangkan dengan udara kompress.
Pemasangan Karburator :
- Pasangkan komponen-komponen karburator baut sekrup udara, sekrup stasioner, zet needle serta pin dan pelampungnya.
- Check langkah kerja dari pelampung. Apakah pelampung bisa bekerja dengan baik.
- Pasangkan mangkuk pelampung serta bautkan.
- Pasangkan tali gas serta kencangkan mur pengikatnya.
- Pasangkan choke karburator.
- Masukan karburator dalam dudukannya.
- Kencangkan baut pengikat karburator pada saluran masuk (intake manifold).
- Pasangkan selang bahan bakar serta ganti klip selang bahan bakar bila rusak.
- Pasangkan semuanya selang-selang karet udara yang tersambung ke karburator.
- Pasangkan saringan udara pada karburator serta kencangkan ikatan atau baut pengikatnya.
MENYETEL PEMBUKAAN KATUP MASUK DAN KATUP BUANG (KLEP API ATAU KLEP MINYAK)
Sesudah komponen karburator terpasang, hal selanjutkan yang perlu dikerjakan yaitu penyetelan celah katup (katup masuk serta katup buang)
Mengenai posisi penyetelan celah katup yaitu :
- Buka tutup kepala silinder atau tutup katup.
- Buka tutup magnet serta cermati tanda top pada magnet.
- Tanda top yang benar yaitu tanda pada magnet mesti segaris serta tada segaris itu harus juga dijumpakan pada tanda sprocket.
- Bila ke-2 tanda itu tidak pas, putar kembali magnet berlawanan jarum jam hingga memperoleh tanda keduanya pas.
- Cermati celah katup.
- pegang serta goyanglah katup kearah samping atau ukurlah celah katup dengan memakai feeler gauge.
- Bila celah katup sangat renggang, jadi rapatkanlah celah katup itu atau demikian sebaliknya.
- Buka baut pengunci katup, lalu masukan feeler gauge di antara celah itu dengan ukuran 0, 05 mm.
- kencangkan sekrup penyetel katup serta tariklah feeler gauge.
- Bila feeler gauge merasa kesat ditarik jadi penyetelan sudah pas.
- Kerjakan pada ke-2 katup.
Sesudah penyetelan dikerjakan, tutupkan kembali tutup klep (pakai lem treebond) jadi perekatnya serta cermati packing karet, bila telah rusak, pecah jadi ubahlah packing karet dengan yang baru. Pasangkan kembali tutup serta cover magnet.
Sekian postingan dari saya mudah-mudahan berguna untuk kita semua jika ada pertanyan silakan isikan komentar pada kolom bawah sekian dan terima kasih
Baca Juga:
[TIPS JITU] PENYEBAB & CARA MENGATASI GIGI PERSNELING MOTOR KERAS & SUSAH NETRAL DENGAN MUDAH
0 Response to "CARA SERVIS RINGAN SUZUKI SPIN DENGAN MUDAH"
Post a Comment