Penyebab Motor Mati Karena Busi Mati (Tidak Ada Bunga Api) Atau Pengapian Terlalu Cepat – System pengapian pada motor digunakan untuk hasilkan api listrik dengan interval yang pas pada busi yang terpasang pada kepala silinder, untuk membakar kombinasi udara serta bahan bakar, busi satu komponen terutama dalam system pengapian busi memiliki peran perlu dalam langkah akhir.
Busi terima tegangan tinggi yang dibangkitkan pada ignition coil serta hasilkan letikan api pada ke dua ujung elektroda busi lalu membakar kombinasi udara bahan bakar serta menggerakkan mesin. Waktu terpasang pada mesin busi terima desakan pembakaran serta temperature yang begitu tinggi temperature dapat menjangkau lebih dari 20000C, busi harus juga tahan pada getaran. Sebab-sebab tak ada bunga api atau sangat cepat pada motor yakni :
Coil Pengapian Atau Cdi Rusak
Coil pada motor hentikan serta mulai aliran arus pada kumparan primer serta lakukan induksi dengan pada kumparan primer serta sekunder membuat tegangan tinggi dalam merespon perubahan saat itu juga serta berdasar pada perbandingan jumlah lilitan dari ke dua lilitan primer serta sekunder serta pada cdi komopnen itu yaitu pengapian yg tidak memakai platina namun memakai pengapian magnet roda daya, ouput yang keluar dari condensor coil sesaat saat disimpan dalam kapasitor hingga satu tanda di terima ignition timing control unit pengatur saat pengapian.
Saat thyristor (scr) aktif serta muatan listrik yang tersimpan pada kapasitor selekasnya dilepaskan ke kumparan primer ignition coil hingga berlangsung tegangan tinggi pada kumparan sekunder momen ini dimaksud system pelepasan muatan kapasitif. Jika dua komponen itu alami problem langkah menangani ditukar dengan yang baru.
Busi Rusak
Busi yang berperan untuk memercikan bunga api dirunag bakar pada akhir langkah kompresi, busi yang terima tegangan tinggi yang dibangkitkan pada coil pengapian serta hasilkan letikan api pada ke-2 ujung elektroda busi lalu membakar kombinasi udara bahan bakar serta menggerakan mesin. Jika busi alami rusaknya automatis tidak memercikan bunga api untuk mengatasinya cukup ganti busi dengan yang baru.
Pick Up Coil Rusak
Pick up coil atau pulser adalah sensor pendeteksi logam yang juga akan hasilkan signal/tegangan AC kecil waktu terlintas gigi reluctor, signal kecil dari pulser setelah itu di kuatkan jadi data input untuk ignition module/cdi. Jika komponen itu alami problem langkah menangani dengan ganti komponen itu dengan yang baru.
Sambungan Kabel Longgar
Sambungan kabel apabila waktu menempatkan tekan hingga bunyi click, periksalah sambungan-sambungan itu dari kotoran-kotoran atau karat serta check apakah pembungkusnya tidak sobek, jika sambungan ada yang longgar cukup menangani dengan disambungkan atau dibetulkan saja.
Sekianlah kajian tentang Penyebab Motor Mati Karena Busi Mati (Tidak Ada Bunga Api) Atau Pengapian Terlalu Cepat mudah-mudahan dengan terdapatnya penjelasan itu bisa bermanfaat serta berguna untuk anda semuanya, terima kasih banyak atas kunjungannya.
SALAM NGENGGG..
Home » Otomotif »
tips dan trick
» Penyebab Motor Mati Karena Busi Mati (Tidak Ada Bunga Api) Atau Pengapian Terlalu Cepat
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 Response to "Penyebab Motor Mati Karena Busi Mati (Tidak Ada Bunga Api) Atau Pengapian Terlalu Cepat"
Post a Comment