Langkah Dan Tips Mengecek Serta Merawat Aki/Accu Motor Agar Awet – Aki atau batterai pada kendaraan sangat perlu karna jadi pemberi arus listrik yang searah ke rangkaian-rangkaian yang membutuhkan konsumsi listrik umpamanya seperti system starter, system pengapian serta perlengkapan untuk penerangan.
Kekuatan batterai sangat perlu karna memiliki yang bisa melepas arus yang begitu besar, kompak serta enteng serta memiliki besar.
Oleh karena itu sangat perlu sekali untuk yang memiliki kendaraan baik mobil ataupun sepeda motor untuk melindungi atau merawat komponen itu.
Mengecek aki baru
Bila aki telah sempat discharge atau di cas serta ditambah cairan
Bila aki telah sempat dicharge (pengisian pertama aki baru waktu cairan elektrolit ditambah) listrik yang tersimpan bisa alami penurunan karena penurunan voltase sendiri, waktu aki disimpan serta tinggi level cairan elektrolit bisa turun karena penguapan.
Aki dengan berkala mesti dicharge serta cairan elektrolit mesti jadi bertambah. Aki juga akan discharge dengan sendirinya dengan cepat bila suhu cairan elektrolit tinggi yakinkan aki disimpan di tempat kering (dingin) di tempat gelap di mana tidak terkait segera dengan cahaya matahari serta di mana suhu tidak berubah-ubah.
Aki siap gunakan tanpa ada cairan (kering)
Aki siap gunakan sudah discharge bila plat kutub-kutub itu terkait dengan udara waktu disimpan bahan kimia juga akan beralih menyebabkan dampak lebih buruk. Waktu aki disimpan check tutup aki apakah tertutup dengan rapat serta tak ada kebocoran dari lubang ventilasi.
Mengecek aki yang tengah digunakan
Mengecek tinggi cairan eletrolit
Waktu memakai aki dengan keadaan discharge serta charge berjalan seimbang kerapkali air di dalam cairan eletrolit menyusut karna electrolysis serta penguapan hingga tinggi cairan turun. Tinggi cairan elektrolit mesti di check berkala apabila telah turun berikan air murni atau air yang disaring untuk menambah tinggi cairan sesuai sama nilai spesifikasi, bila tinggi cairan turun dengan saat yang singkat check system pengisian.
Mengecek berat type cairan elektrolit
Berat type dari cairan elektrolit turun seimbang dengan kemampuan discharge jadi ukurlah berat type sesudah kamu paham.kamu mengerti berapakah banyak discharge berlangsung, biasanya untuk mengukur berat type cairan elektrolit di aki dipakai pengukur spesial berat type (hydrometer). Untuk membaca ukuran berat type dengan benar pegang depan (muka) alat pengukur dekatkan dengan tinggi mata.
B. J.
PENILAIAN
PERLAKUAN
1, 250 – 1, 280
Baik
–
1, 220 – 1, 250
Kurang baik
Butuh dicharge
Kurang dari 1, 220
Jelek (sangat rendah)
Mesti dicharge atau ganti
Mengecek selang udara aki
Check selang udara aki betul-betul tidak terhalang tertusuk, bengkok atau rusak. Juga yakinkan ujung selang searah dengan rantai waktu menempatkan selang, yakinkan terpasang dengan benar.
Kontrol lainnya
Kadang waktu bagia luar aki kotor mengakibatkan tutup cairan longgar atau cairan tumpah keluar di atas permukaan waktu aki dicharge, aki mesti dijaga tetaplah bersih serta kering.
Casing (tempat tinggal) aki terbuat dari synthetic resin tahan pada oli, namun bila bensin masuk kedalamnya bisa mengakibatkan retak, jaga aki dari bensin atau bahan beda yang gampang terbakar.
Check ujung terminal (kutub aki) yakinkan tak ada karat, bila ada karat siram dengan air hangat diatasnya serta gosok dengan sikat.
Check serta yakinkan tak ada yang rusak, bila ada check permukaan kontak bersihkan serta kencangkan kutub. Bila aki tidak diletakkan dengan aman getaran keras yang berlangsung waktu motor bergerak bisa memendekkan usia gunakan aki, terminalnya harus juga terpasang serta terikat dengan kencang.
Pecah serta penyebabnya
Begitu tidak sering aki pecah karena pemakaian yang normal, pecah banyak dikarenakan karena kelalaian perlakuan atau perawatan yang kurang, biasanya penyebabnya pecahnya aki yang paling masuk akal.
Overcharging
Pengisian dengan arus cepat tinggi
Pengisian kurang
Cairan elektrolit kurang
Meninggalkan aki setelah dicharge
Kekeliruan pemasangan
Overcharging serta charging dengan arus cepat bisa mengakibatkan air di cairan elektrolit hilang secara cepat, mengakibatkan cairan elektrolit mesti tinggi konsentrasinya serta bisa mengakibatkan rusaknya saparator serta kutub aki.
Sekianlah kajian tentang Langkah Dan Tips Mengecek Serta Merawat Aki/Accu Motor Agar Awet mudah-mudahan dengan terdapatnya penjelasan itu bisa bermanfaat serta berguna untuk anda semuanya, terima kasih banyak atas kunjungannya.
SALAM ILMU..
Home » Servise Motor »
tips dan trick
» Langkah Dan Tips Mengecek Serta Merawat Aki/Accu Motor Agar Awet
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 Response to "Langkah Dan Tips Mengecek Serta Merawat Aki/Accu Motor Agar Awet"
Post a Comment