Bila pada artikel terlebih dulu kita telah mengulas mengenai shock sisi belakang pada motor, nah pada saat ini penulis juga akan mengulas kebalikannya ya sahabat. Pada artikel kesempatan ini, penulis juga akan membagikan mengenai panduan bagaimana caranya melakukan perbaikan shock depan motor anda.
Sahabat semuanya telah pastinya akrab dengan komponen motor yang satu ini bukan? Namun akrab saja kurang ya sahabat, namun harus juga dapat memperbaikinya sendiri di rumah jika berlangsung rusaknya tanpa ada mesti ke bengkel. Bacalah juga tentang langkah melakukan perbaikan shock belakang motor.
Langkah Melakukan perbaikan Shock Depan Motor
Satu diantara type rusaknya yang seringkali berlangsung pada komponen shock ini yaitu rusaknya seperti kebocoran oli, shock yang keras serta beda sebaginya. Mengakibatkan bila shock depan motor anda rusak, tentunya motor akan tidak enak atau nyaman dibawa berkendara maupun buat kepentingan yang lain.
Umumnya, penyebabnya oli bocor karena oleh seal shock yang sobek, dapat pula kerena memanglah telah aspek usia, menghantam lubang ketika kecepatan tinggi, serta beda sebagainya. Oleh karena itu tetaplah berkendara dengan keadaan normal ya sahabat.
Akibatnya karena hal itu yaitu dapat menyebabkan shock jadi keras, serta muncul bunyi kasar di bagian depan ketika sahabat melintas dijalan yang rusak. Tersebut sebagian ciri jika kondisi shock sisi depan anda telah tidak berperan normal.
Oke sahabat, mari kita simak penjelasan di bawah ini mengenai langkah melakukan perbaikan shock depan motor lewat cara yang gampang, supaya persoalan seperti di atas bisa anda tangani sendiri.
1. Perlengkapan yang Dibutuhkan
Siapkan terlebih dulu perlengkapan atau bahan yang juga akan anda butuhkan sebelumnya lakukan langkah perbaikan ya sahabat, supaya sistem perbaikan bisa berjan lancar nanti. Adapaun perlengkapan atau bahan itu salah satunya :
- Oli spesial shock
- Seal shock baru
- As shock baru (bila memnag dibutuhkan)
- Wadah untuk oli bekas
- Kunci L
- Kunci As roda serta segitiga
- Bensin atau solar
- Sabun
- Air
2. Langkah Pembongkaran Shock Depan
Dalam sistem pembongkaran sudah pasti mesti lewat step – step yang benar supaya komponen – komponen penyusunnya tidak alami rusaknya.
- Yakinkan meletakkan sepeda motor di tempat yang aman, lantas selanjutnya terlepas roda sisi depan.
- Kemudian terlepas spakbor untuk mempermudah sistem pelaksanaannya nanti.
- Setelah itu kendorkan baut L yang ada di bagian bawah shock. Supaya tempatnya tidak berputar-putar, pakai as roda jadi penahannya.
- Setelah itu, buka sisi tutup atas shock lewat cara mengendorkan terlebih dulu bautnya, lalu kemudian congkel sisi atas ring nya hingga tutup shock itu dapat dilepaskan.
- Teruskan dengan mengendorkan baut segitiga lantas congkel supaya melepas shock, lantas bebaskan shocknya.
- Sebelumnya buka baut berupa L yang berada di bawah shock anda, baiknya anda mempersiapkan terlebih dulu wadah unutk menyimpan oli sisa shck supaya tidak berceceran di lantai anda, kaena seperti kita ketahu langkah pembersihannya tidak mudah. Jadi mending mencari aman saja ya sahabat, yakni lewat cara mempersiapkan wadahnya.
- Langkah yang paling akhir yaitu, buka penutup atas shock serta setelah itu ke langkah kontrol shock, supaya hasil perubahan oli berhasil dengan maksimum serta keruakan pada shock bisa anda deteksi. Bacalah juga tentang langkah melakukan perbaikan aki kering motor.
3. Langkah Kontrol Shock Sisi Depan
Langkah melakukan perbaikan shock depan motor setelah itu adalah dengan lakukan sistem kontrol pada shock depan motor, supaya tau sisi mana sebagai penyebabnya paling utama rusaknya dapat berlangsung. Tersebut langkah – langkah yang dapat anda ikuti :
- Langkah awal yang butuh anda kerjakan yaitu dengan langkah awal pembersihan komponen – komponen sshck dengan memakai bensin yang barusan telah anda sediakan. Kerjakan sistem pembersihan ini dengan menyeluh pada semuanya sisi, supaya tampak dengan terang sisi shock mana yang rusak serta mesti selekasnya diperbaiki. Namun khsus untuk karet seal tambah baik bila anda membersihkannya engan menggunkan air detergen atau air sabun saja.
- Langkah ke-2, sesudah shock bersih, kerjakanlah kontrol di bagian yang rusak yang ada pada shock anda itu, bila anda temukan shock motor anda mati, jadi cukup hanya ganti oli nya saja, apabila dibutuhkan ganti saja bagaian seal shock itu.
- Langkah ke-3, jika anda menemuka shock alami kebocoran, itu berarti seal shock anda telah rusak, tak ada langkah beda sahabat terkecuali ganti sealnya dengan seal yang baru. Kemudian check juga as shock bila anda temukan keadaan as shock itu baret, jadi tak ada jalan beda juga sahabat terkecuali mesti ganti yang baru juga.
4. Langkah Perakitan Shock Depan
Langkah melakukan perbaikan shock depan motor selanjutnya yaitu lakukan perakitan shock. Hal semacam ini juga akan memastikan apakah shock masih tetap dapat berperan dengan baik atau tidak. Langkahnya seperti berikut :
- Rakit kembali semuanya komponen motor yang barusan telah anda terlepas, serta yakinkan anda merakitnya sama dengan kondsi awal agat tidak berlangsung problem yang lain. Namun per shock serta tutup atas shock tak perlu anda rakit kembali.
- Sesudah merakit, isi kembali oli yang didesain spesial untuk shock yang sesuai sama spesifikasi dan ukuran yang standard yang telah direferensikan oleh pihak pabrik atau delaer.
- Kemudia baru anda menempatkan per shock yang barusan belum juga anda pasangkan, lalu pasangkan kembali shockbrekaer ke bentuk segitiga.
- Gunakan kembali spak bor serta roda sama dengan sebeum anda melepaskannya barusan. Yakinkan terpasang sesuai sama yang awal ya sahabat.
5. Panduan Supaya Shock Breaker Tidak Keras Pada Waktu Digunakan
Langkah melakukan perbaikan shock depan motor paling akhir yaitu mengerti jalan keluar yang pas untuk melindungi shock breaker supaya tidak keras. Ikuti langkah di bawah ini :
- Pertama, sahabat dapat mengecilkan lobang suing untuk menahan derasnya aliran oli didalam shock.
- Ke-2, manfaatkanlah per shock yang leboh rapat, fungsinya aar pantulan lebih stabil serta memberi daya rebound lebih lembut daripada standard wajarnya.
- Ke-3, gantila oli shock jika shockbreaker anda sdah tidak nyaman atau tidak enak dipakai. Gunaknalah oli sesuai sama takarannya serta lihatlah dulu langkah penggunaan yang berada di label oli itu.
- Keempat, ganjal lah ring. Walau tidak demikian sangat dianjurkan, tetapi aktualnya sebagian mekanik memperbolehkan dengan prasyarat. Prasyarat yang disebut yaitu dengan memakai ring (washer) yang ori yg tidak gampang terkikis. Mengapa mesti pakai yang ori sahabat, karna gr – gr dari ring ini bisa menyumbat lubang suling bahkan juga tidak punya potensi mengakibatkan kerusakan seal serta as shock itu.
Oke sahabat, bagaimana info yang penulis berikan kesempatan ini? Pastinya lebih lengkap serta lebih menarik bukan? Hingga di sini dahulu kajian kita tentang langkah melakukan perbaikan shock depan motor ya sahabat, mudah-mudahan info yang diberikan oleh penulis bisa bermanfat untuk sahabat semuanya, terutama untuk kaum pria yang begitu suka dengan dunia otomotif. Terima kasih untuk sahabat yang telah menyempatkan diri, serta sampai jumpa diartikel menarik setelah itu. Salam hangat.
Sesudah demikian lama dipakai shock depan merasa telah tidak empuk seperti motor baru. Sesudah dilihat nyatanya ada oli yang merembes keluar dari as shock, nyatanya seal shock telah bocor hingga oli shock menyusut yang menyebabkan shock jadi tidak enak.
Cara Ganti Seal Shockbreaker Depan Dengan Mudah
Mendingan segera saja kita servis shocknya, tersebut langkah-langkahnya
- Buka dahulu as roda serta copot bannya dari shcok, janganlah lupa ganjal dulu motor agak tidakjatuh kedepan
- Di lanjut buka spakbor depan serta kaliper rem/pala babi
- Kemudian juga akan tampak baut pemegang shock yang ke segitiga bawah
- Bebaskan ke-2 bautnya memakai kunci shock 14
- Sesudah shock dicopot dari segitiga buka baut L yang di bawah shock
- tehnikmotor. blogspot. com
- Lantas buka baut penahan atas ada yang memakai kunci L atau hanya klip saja, untuk yang memakai klip silakan ditekan tutup penahan per shocknya lantas juga akan tampak klip penahannya silakan dilepaskan klipnya lewat cara dicongkel memakai obeng min yang kecil
- tehnikmotor. blogspot. com
- Kemudian mengeluarkan pernya serta pisahkan as shock dari tabungnya
- Bebaskan sil penahan debu yang ada ditabung shock langkahnya tinggal congkel saja
- Kemudian juga akan tampak sealnya serta klip penahannya, silahakan terlepas klipnya lewat cara di cungkil memakai obeng min
- Untuk melepas sealnya silakan congkel saja memakai obeng min, kerjakan dengan perlahan-lahan serta bebrapa geser tempatnya agar seal dapat keluar sempuran tanpa ada mengakibatkan kerusakan tabung shock yang disebabkan terserang obeng min
- Sesudah sea lama dicopot silakan gunakan seal yang baru lantas ketok bebrapa perlahan supaya masuknya rata serta seal tidak cacat, pakai seal yang lama untuk alas seal baru jadi yang kita jam seal lama supaya mendorong seal baru masuk ketabung shock dengan prima, gunakan klipnya serta seal penahan debunya
- tehnikmotor. blogspot. com
- Rakit kembali as shock dalam tabungnya lantas gunakan baut L yang di bawah tabung supaya mengikat as dengan tabungnya
- Sesudah semuanya terpasng dengan prima tinggal memasukkan oli shocknya, untuk ukurannya semasing tabung lebih kurang sekitaran 60cc, sebelumnya baut penutupnya dipasang kocok-kocok terlebih dulu asnya agar minyak shock dapat rata serta tak ada angin palsu yang dapat menyebabkan shock jadi tidak sempurna
- Kemudian tinggal rakit kembali semua, langkahnya ya kebalikkan dari sistem melepasnya barusan
Tersebut urutan Cara Ganti Seal Shockbreaker Depan Dengan Mudah.Terima kasih sudah berkunjung dan semoga artikel ini bermanfaat untik anda...SALAM
0 Response to "Cara Servise Shockbreaker Dengan Mudah dan Cepat"
Post a Comment