Cara Memperbaiki Motor Matik Goyang Yang Benar

Perbaikan Motor Matik Goyang - Seringkali ngrasain motor goyang-goyang pada vario 125 atau 150 yang paling baru? Goyang itu umumnya dirasa seperti motor susah dikendalikan. Banyak pelanggan bengkel yang mengeluhkan motornya kerasa berat dibelokkan serta beberapa rasakan motor susah dikendalikan. Tim BDPK lebih yakini menaiki motor dengan yang dirasakan begini seperti motor terkena ombak laut. Sebelumnya mulai perbaikan yang dirasakan motor goyang, yakinkan kalau memanglah yang sahabat rasakan yaitu komstir yang kendor. Segera saja ke step pertama

Cara Memperbaiki Motor Matik Goyang Yang Benar

Step 1 Pengenalan Beberapa Type Goyang 

Goyang pada motor yang seringkali dirasa pemakai motor vario 125 atau vario 150 dapat digolongkan berdasar pada part yang bermasalah. Ketidaksamaan ini lebih gampang, mengapa? Karna yang terutama untuk pemakai yaitu pulih. Untuk melakukan perbaikan jadi kita perlu part tersangka yang perlu dilengserkan. Lebih dahulu untuk mengencangkan baut baut pada kaki kaki untuk meyakinkan lantaran baut kendor pusing pale ente…

Part apa yang dapat mengakibatkan goyang? Check langsung… 

1. Laker roda/bearing 

Keolengan dari laker atau bearing yang rusak dapat dirasa dengan gampang cuma dengan mendorong motor dengan stang dibelokkan hingga melingkar. Dalam keadaan laker rusak jadi motor lebih berat didorong saat dibelokkan daripada saat lurus. Untuk keadaan dikendarai jadi merasa motor terkadang merasa tertarik ke arah kiri atau ke arah kanan dengan intensitas serta saat yg tidak tetaplah.
Di antara yang dirasakan oleng, paling gampang memastikan rusaknya laker. Cuma dengan menggerakkan ban depan atau belakang tegak lurus pada putaran ban telah bisa di ketahui laker itu gojak atau tidak. Untuk masalah laker yang rusak sangat kronis jadi tanpa ada menggerakkan roda telah dapat di ketahui kalau laker itu rusak atau tidak. Cukup hanya lihat di bagian poros velg, bila ada karat yang tercecer dari pusatnya pastinya laker telah rusak kronis.

2. Velg 

Saat dikendarai, keolengan velg gampang dikenali dengan jalan 20 km/jam s. d. 50 km/jam. Stang juga akan merasa goyang rapat sekali sampai pada setang juga akan merasa serupa dengan keder bila kecepatan makin dinaikan. Gampang sekali mengetahui velg oleng kan? Cukup diliat pada bibir velg tempat ban dipasang. 

3. Ban 

Keolengan ban dapat dikenali serupa dengan keolengan velg, cuma saja juga akan jadi persoalan yang rumit bila velg yang dipakai jari jari bilamana pada motor bebek spoke. Keolengan velg yang sedikit apakah juga akan punya pengaruh sampai pada ban yang goyang. Jadi sahabat juga akan stres membedakannya namun tidak sekian dengan honda vario.

Dengan semakin banyak motor yang keluar dari pabrik, sangat mungkin saja pembuatan ban makin cepat. Kecepatan ini seringkali mengakibatkan kwalitas ban jadi jelek, banyak ban yang gampang oleng walau batikan atau garis garis ban tetap dalam dengan kata lain ban masih tetap tidak tipis. Ceknya gampang, putar ban saja ban sembar lihat keolengan yang berlangsung. Sisi yang paling gampang untuk mengenalinya yaitu garis tengah ban. Dengan meyakinkan kalau velg tidak bengkok atau goyang serta keadaan garis tengah ban berliuk liuk, bisa di pastikan ban oleng.

4. Bos Mesin/bantalan mesin 

Mengetahui rusaknya bos atau bantalan mesin dapat disebut susah karna untuk vario 125 serta vario 150 ada 6 bos yang dapat punya pengaruh pada yang dirasakan goyang. Goyang seringkali dirasa dengan tertariknya ke satu diantara arah saja serta bunyi pada sekitaran mesin bila melalui jalan yg tidak rata. 2 buah bos pada ujung shock breaker belakang, dua pada link engine hanger, serta dua sekali lagi pada mesin yang terkait dengan link engine hanger.

Termudah dikenali pada bos mesin, cukup diliat jadi telah tampak keadaan bos mesin itu. Untuk bos link engine hanger, bisa di pastikan tidak bermasalah karena kontruksinya lebar hingga lebih awet. Mengetahui bos shok breaker belakang gojakk termasuk juga susah, karna mesti dengan menstandar tengah sambil menjatuhkan ban belakang ke lantai untuk rasakan gojak pada bantalannya.

5. Komstir kencang 

Tanda ini bisa dirasa dengan jalan perlahan, sahabat juga akan rasakan bergerak sendiri ke kanan serta kekiri. Bila motor berat ke kiri lalu sahabat cobalah tari kekanan, jadi motor juga akan tertarik ke kanan-kiri-kanan sekali lagi sampai berkali-kali. Bila terserang angin dari bus atau truk arah yang berlawanan jadi motor juga akan begitu tidak setabil.

Komstir kencang gampang dikenali dengan memposisikan motor standard tengah. Turunkan ban belakang sampai menyentuh lantai supaya ban depan bebas. Putar stang kearah kiri serta kanan. Komstir yang sangat kencang, stang tidak merasa berat bila dibelokkan penuh serta atau stang tertahan ditengah. Bila stang tertahan di dalam jadi saat digerakkan dari kiri ke kaanan atau demikian sebaliknya jadi pada gerakan melalui stang lurus, juga akan merasa tertahan.

Step 2 Pemilihan permasalahan 

Dari info beberapa jenis oleng diatas, tentu dapat memikirkan oleng yang terkena motor vario sahabat. Dengan posisi diatas, untuk motor dibawah 20. 000 km tentu persoalan ada pada komstir. Karna memanglah untuk komstir tiap-tiap 5. 000 km butuh disetel (bukanlah berdasar pada perawatan berkala) berdasar pada pengalaman. Kerjakan langkah ke 5 dengan baik jadi bisa diambil kesimpulan kalau komstir sangat kencang. Juga akan keluar pertanyaan, kenapa komstir dapat kencang? Mengapa tidak kendor? Jawabannya juga akan di jabarkan pada step penyetelan.

Step 3 Sediakan Alat yang dibutuhkan

Alat yang diperlukan cuma 3 saja untuk sistem setel komstir ini, seperti berikut.

  1. Obeng plus 
  2. Obeng min besar 
  3. Palu besi 

Kok tidak ada alat untuk menyetel komstirnya sendiri? Karna ini tutorial untuk bagaimana cepatnya, serta tentunya sahabat tidak miliki alatnya. Kita ambillah jalan paling gampang serta cepat hingga alatnya juga dapat dikurangi.

Step 4 Penyetelan Komstir 

Tempatkan motor pada standard tengah serta buka terlebih dulu 2 baut pada front top -dasi- atau cover dudukan plat nomor di bagian belakang dibawah setang. Tidaklah perlu melepas plat nomor karna dudukan plat nomor cuma melekat pada front topnya saja. Sesudah baut lepas jadi tarik sisi depan front top. Tempatkan tangan sahabat dimuka plat nomor serta tarik tegak lurus pada cover lampu. Juga akan terdengar nada click jadi klip telah lepas, lalu tinggal tarik kedepat melawan arah arah baut belakang.

Tekuni kalau ada dua buah mur pada komstir dengan satu ring salah satunya. Mur atas berupa hexagonal (sisi 6) sedang mur bawah berupa seperti gerigi besar. Ambillah obeng minus besar pada tangan kiri serta palu tangan kanan. Ketok mur bawah terlebih dulu kearah kiri –berlawanan arah jarum jam dari atas- yakni samping kanan dari komstir sampai mentok. Yang disebut mentok bila nada yang muncul dari hantaman palu jadi berat.

Ada pertanyaan, kenapa dikencengkan mur sisi bawah ke atas? Berikut keunikan honda matik, saya tidak paham persis mengapa hal semacam ini dapat berlangsung. Tapi masalah mur kendor ini seringkali berlangsung jadi pada motor motor km. rendah, brojol dari pabrik. Serta juga akan berulang sekali lagi km. 6000 an. Terkecuali tidak nyaman dikendarai komstir yang kenceng dengan sendirinya ini, akan bermasalah komstir juga akan cepat aus.

Sistem diatas dapat dipandang selesai..Alhamdulillah. Dengan prasyarat, pada keadaan ban depan terangkat, stang tidak seret bila dibelokkan maksimum ke kanan atau ke kiri serta tidak ada ganjalan pada tempat setang lurus. Dengan hal tersebut, bila masih tetap ada satu diantara persoalan itu jadi sistem semakin lebih panjang. tahap selanjutnya begimana?

Putar mur bawah (gerigi) pada komstir dengan obeng min serta palu di kanan kearah kanan-searah jarum jam sampai tempat gerigi bertukar disamping kanannya-untuk maksud mur atas lebih kendor. Coba jam mur yang diatas berlawanan arah jarum jam (kendorkan) cukup satu bagian hexagonal saja. Dengan arah yang sama kerjakan pada mur bawah sampai keluar nada berat. Lalu check akhirnya seperti paragraf “Proses dipandang selesai…” diatas serta juga akan berulang sekali lagi bila stang masih tetap kencang. Walau demikian pada sistem ini umumnya telah usai.

Belum juga usai hingga point ini, mungkin saja stang telah kendor. Walau demikian, apakah stelan komstir tidaklah terlalu kendor. Ngeceknya gampang, turunkan standard lalu pantulkan sok depan sekuat tenaga –tarik tuas rem depan untuk pantulan yang maksimum- sampai keluar nada jedok di bagian komstir. Setelan dipandang baik bila tidak terdengar nada jedok itu.

Bilamana terdengar nada jedok jadi komstir butuh disetel kembali. Kencangkan komstir dengan mengendorkan dahulu mur geriri (bawah) searah jarum jam. Dengan arah yang sama putar mur atas 1/2 bagian hexagonal –setengah dari pengencangan di atas- untuk memperoleh hasil yang maksimum. Kencangkan mur bawah pada mur atas dengan memukul mur bawah ke kiri-semakin menghimpit mur atas- untuk mengencangkan penyetel komstir itu.

Cara Memperbaiki Motor Matik Goyang Yang Benar

Penyetelan diatas juga akan menyebabkan sebagian peluang : 

Peluang pertama :

Setang di rasa tidak terganjal pada tempat lurus serta dapat dibelokkan penuh tanpa ada kendala. Serta lalu jika dipantulkan sok depan tidak terdenar nada jedog pada komstir jadi diambil kesimpulan penyetelan berhasil.

Peluang kedua :

Setang di rasa masih tetap terganjal pada tempat lurus serta dapat dibelokkan penuh tanpa ada kendala. Serta jika dipantulkan, sok depan terdengar nada jedog pada komstir jadi penyetelan usai serta sahabat berhasil menganalisa keausan komstir. Dimana komstir telah tidak dapat sekali lagi disetel dengan benar jadi ganti komstir dengan yang baru.

Tanggal masih tetap muda tapi uang tinggal receh… pilihan mana yang perlu diambil pada keadaan komstir aus? Setel kendor saja agar aman serta tidak mengganggu pengendaraan sahabat. Dampak nada komstir “jedog” saat pengereman atau jalan yg tidak rata akan tidak buat komstir patah. Sebatas nada saja yg tidak nyaman..bolehlah.

Silahkan coba penyetelan komstir diatas, gampang saja... bongkar dulu... gunakan kemudian…....Selamat coba.

0 Response to "Cara Memperbaiki Motor Matik Goyang Yang Benar"

Post a Comment