3 Cara Ampuh Memperbaiki Motor yang Mogok Gak Mau Hidup Dengan Mudah

3 Cara Ampuh  Memperbaiki Motor yang Mogok Gak Mau Hidup Dengan Mudah-Hallo apa kabar bagi anda pengguna sepeda motor pasti anda pernah merasakan motor kesayangan anda tiba-tiba mogok atau tidak mau jalan nah untuuk itu sobat tidak usah panik karena pada kesempatan kali ini ane mau berbagi informasi tentang tips menangani sepeda motor anda yang mogok.Apakah anda alami permasalahan pada motor yang itu alami peristiwa motornya dengan cara tiba tiba mogok sewaktu dikendarai atau dapat pula waktu tengah pertama kalinya di hidupkan namun tidak ingin hidup dengan kata lain tak ada sinyal tanda kehidupan, nah berikut ini panduan bila yang dapat anda kerjakan untuk menangani permasalahan bagaimana caranya melakukan perbaikan motor yang mogok.

3 Cara Ampuh  Memperbaiki Motor yang Mogok Gak Mau Hidup Dengan Mudah

Butuh anda kenali kalau ada melakukan perbaikan motor yang mogok itu ada 3 hal yang butuh anda kenali serta mengerti salah satunya yakni pembakaran, pengapian serta kompresi pada motor, ketiga hal di atas telah jadi rumus dengan kata lain 3 elemen utama dalam kendaraan sepeda motor dari beragam merk serta jenisnya. Bila satu diantara tak berfungi seperti harusnya jadi otomotif sepeda motor yang anda kendarai atau yang anda punyai ditanggung akan tidak dapat hidup serta hal semacam ini dapat juga diaplikasikan pada mesin mesin yang lainya umpamanya mesin motor, mesin mobil, mesin genset serta lain sebagainya.


Untuk anda yang alami permasalahan waktu mengendarai sepeda motor yang tiba tiba mogok waktu ditengah jalan atau di rumah atau waktu motor pertama kalinya dihidupkan tidak ingin hidup jadi janganlah segera bingung, cemas serta lain sebagainya, anda cemas serta bingung mungkin saja lantaran tidak paham apa pemicunya serta bagaimana caranya melakukan perbaikan motor yang mogok itu. Umumnya orang yang alami permasalahan itu yakni motor yang mogok umumnya orang itu segera membawa motornya ke bengkel tidak ada usaha untuk memperbaikinya *kalau dahulu saya kerap seperti ini hehe, saat ini lebih sukai belajar dari tiap-tiap permasalahan yang dihadapi wkwk. Ok segera saja di bawah ini yaitu keterangan komplit tentang langkah melakukan perbaikan motor yang mogok serta banyak hal yang butuh anda cermati serta dipahami.


3 Panduan Langkah Melakukan perbaikan Motor Yang Mogok Tidak Ingin Hidup
Di bawah ini yaitu 3 hal yang perlu anda cermati waktu lakukan kontrol sepeda motor yang mogok atau tidak ingin hidup.

Pembakaran 

  • Seperti yang kita kenali kalau sepeda motor itu dapat hidup lantaran ada system pembakaran pada mesinnya, serta bahan bakar yang diperlukan/digunakan umumnya yaitu bahan bakar minyak (bensin, pertamax serta solar). Nah yang dapat anda kerjakan pada step ini yakni mengecek saluran bahan bakar yang mengalir ke karburator, bila bensin yang menuju ke ruangan bahan bakar lancar jadi anda butuh lakukan kontrol pada karburatornya, tujuannya yaitu anda lakukan service pada karburatornya siapa tahu dibagian karburator ada kotoran yang menghalangi bensin menuju ruangan bakar. Umumnya dalam permasalahan ini yang kerap berlangsung yakni karburator kemasukan air hingga motor tidak ingin hidup lantaran di dalam tangki motor ada air yang masuk, atau dapat pula pada jarum spuyernya yang terhalang. 

Pengapian 

  • Setelah itu anda dapat mengecek di bagian pengapian, biasanya tiap-tiap kendaraan bermotor tentu mempunyai pengapian, untuk pengapian type motor merk Honda (Honda Astrea Grand, Honda Supra, Honda Win 100, GL Pro, Honda Revo versus lama, Honda Tiger 2000 Lama), lalu untuk merk motor Suzuki salah satunya yakni ada (Suzuki Jet Collet/RC, Suzuki Tornado, Suzuki Satria 2T), Lalu untuk Merk Yamaha salah satunya yakni (Yamaha Fiz R, Yamaha Crypton, Yamaha Vega R Lama, Yamaha RX King). Untuk lakukan penelusuran pada type motor yang saya katakan di atas pertama yang anda mesti check yaitu komponen sisi spull/stator assy. Pada kabel yang berwarna hitam-merah yang tersambung pada spull anda dapat cek apakah anda apinya atau tak, bila tak ada apinya bermakna spull pada motor anda rusak jadi anda mesti ganti dengan yang baru. Bila di bagian spull telah usai, jadi anda dapat lanjutkan ke sisi pengapian yang lain yakni pada jalur api yang keluar dari CDI, bila motor yang anda punyai yaitu merk honda umumnya warna kabelnya yakni warna hitam -kuning, lalu untuk merk suzuki jadi warna kabelnya orange serta untuk merk motor yamaha warna kabelnya orange juga. Anda dapat cek kabel itu adakah apinya atau tak sesudah dicek serta jalur pengapian dari CDI masihlah bagus jadi langkah setelah itu yakni anda dapat mengecek pengapian yang keluar dari komponen motor yang bernama COIL, bila komponen itu masihlah berperan jadi langkah paling akhir yakni anda dapat lakukan penelusuran di bagian busi, nah step yang paling akhir ini yaitu satu diantara penyebabnya motor tidak ingin hidup dengan kata lain mogok. Bila anda telah mengecek komponen komponen yang saya katakan di atas salah satunya yakni (spull/stator assy CDI COIL Busi). Bila di bagian yang saya katakan di atas kondisinya masihlah bagus saya meyakini kalau permasalahnya bukanlah pada pengapian. *tambahan, bila hal di atas telah anda cek, janganlah lupa juga untuk mengecek apakah kunci kontaknya telah di on atau off. 
  • Buat anda yang mempunyai motor yang saya katakan salah satunya yakni GL Pro Revo absolut, Honda Kharisma, Supra X 125, Mega Pro New, New Mega Pro, Revo Fit, Blade, Neotech, lalu untuk Type Motor Matic merk honda serta semua jenis motor yang bermerek honda yang launching keluaran th. 2011 ke atas. lalu untuk merk motor Suzuki Shogun, Suzuki Axelo, Smash, Thunder, Satria FU, Shogun 125, lalu untuk semuanya type Motor Matic Suzuki serta semua jenis motor suzuki yang launching atau keluaran th. 2007 ke atas serta Untuk Motor Merk Yamaha salah satunya yakni Yamaha Vixion, Yamaha Jupiter Z, Vega ZR, Yamaha Vega R New, Scorpio, lalu semuanya type Motor Matic Merk Yamaha serta semua jenis motor merk Yamaha keluaran th. 2006. Semuanya motor yang saya katakan di atas masing masing mempunyai ketidaksamaan di bagian system pengapiannya, nah di mana sih letak ketidaksamaannya..? ya letak ketidaksamaanya yakni di bagian Spull/Stator Assy. 
  • Manfaat dari spull pada motor yakni cuma menolong lakukan pengecesan pada aki motor yang bakal ditransfer lewat kiprok/regulator dengan catatan kalau aki/baterai motor yang dipakai masihlah bagus atau tak. Oiya untuk warna kabel spull yang mentrasnfer api menuju kiprok yaitu warna putih serta untuk lampu kabelnya warna kuning (untuk warna kabel di atas nyaris semuanya merke motor warna kabelnya sama semua) , Bila anda telah lakukan kontrol pada kabel warna putih dari spull serta masihlah bagus pengapiannya jadi dapat lanjut ke sisi kiprok/regulator, lalu juga anda dapat lakukan penelusuran kabel warna merah yang ada di colokan kripok, kabel warna merah ini mempunyai manfaat untuk lakukan pengisian (cas) pada aki. Bila anda telah cek semunaya serta masihlah keadaan bagus jadi anda dapat cek langkah setelah itu yang saya terangkan di atas yakni di bagian CDI, COIL serta Busi, janganlah lupa juga untuk menghidupkan kunci kontak motor. 
  • Sebagai catatan, buat anda pemakai motor yamaha matic yang baru atau yang lama upayakan memililki aki motor yang masihlah bagus lantaran bila tak bagus dengan kata lain telah soak jadi waktu distarter tidak dapat hidup namun bila aki itu masihlah bagus serta kuat jadi waktu dihidupkan dengan starter bakal dapat hidup 

Kompresi 

  • Setelah itu kita mengulas tentang mesin kendaraan bermotor, nah dibagian ini mungkin saja satu diantara kontrol yang paling akhir yakni dibagian kompresi motor. Bila anda telah lakukan kontrol motor pada point 1 serta point 2 serta semua masihlah kondisi bagus dengan kata lain berperan seperti harusnya jadi hal yang paling akhir anda check yaitu kompresi motor. Untuk lakukan kontrol pada kompresi anda dapat buka terlebih dulu busi pada motor, lalu anda dapat tutup lubang busi dengan memakai jari telunjuk lalu anda dapat starter atau engkol (kick starter), bila anda rasakan kalau ada sepakan kompresi yang kuat bermakna di bagian mesin motor anda tak punya masalah, namun bila lemah bermakna di bagian satu diantara komponen didalam mesin motor kita ada yang rusak/punya masalah. Terdapat banyak peluang kenapa kompresi motor lemah salah satunya yakni setelan klep yang sangat kencang, lalu bocor di bagian klep, bengkel di bagian klep, piston ring lemah. Nah bila telah alami hal itu jadi anda mesti membawa ke bengkel motor paling dekat ditempat anda untuk memperbaikinya. 

Sekian info yang mengulas tentang 3 Panduan Ampuh Langkah Melakukan perbaikan Motor yang Mogok Tidak Ingin Hidup, mudah-mudahan info di atas bisa menolong anda dalam tahu rusaknya motor kita yang mogok atau tidak ingin hidup, janganlah lupa untuk like, coment serta berbagi supaya semakin banyak yang memperoleh faedahnya.

Baca Juga
 6 Penyebab Tarikan Gas Motor Injeksi Tidak Stabil Dan cara Mengatasinya

0 Response to "3 Cara Ampuh Memperbaiki Motor yang Mogok Gak Mau Hidup Dengan Mudah"

Post a Comment