Cara Memperbaiki Bunyi Klotok-Klotok Mesin CB150R

Penyebabnya Mesin CB150 Kasar - Miliki motor baru rasa-rasanya seakan semuanya problem kita hilang. Rasa bahagia selalu kita rasakan sampai tidak menginginkan rasa-rasanya untuk sesaat memarkir motor baru kita. Tapi, apa yang terjadi bila motor yang kita gunakan keluarkan nada yang kasar?

Misalnya pada Honda CB150R, banyak pemakai yang mengeluhkan nada berisik sampai kelotok-kelotok pada ruang blok mesin. Anehnya, problem ini sering ada pada motor yang mempunyai usia yang termasuk baru. Kurang lebih apa pemicunya?

Honda CB150R adalah motor dengan mesin memiliki 150 cc, mesin ini telah diperlengkapi dengan mekanisme katup DOHC 4 Valve. Harusnya dengan mekanisme ini, peforma mesin jadi makin joss. Tapi bila sebelumnya top RPM saja nada mesinnya telah tidak karuan kita jadi ngeri untuk tarik gas lebih dalam.

Problem ini, berlangsung pada seri mesin 150 cc yang digunakan pada Honda Sonic serta CB150R. Jadi nada ciri khas ini, bukan sekedar dirasa kalian beberapa yang memiliki CB tapi yang memiliki Sonic harus juga bersiap bila problem ini keluar.

Penyebabnya Bunyi Klotok-klotok Pada Mesin CB150R 

Nada kasar atau klotok-klotok yang anda dengar itu dapat kita asumsikan jadi dua buah logam yang sama-sama berketukan dengan frekwensi yang cepat. Jadi, di dalam mesin peluang ada komponen bergerak yang mempunyai celah longgar. Apa sajakah?

1. Lifter Tensioner Yang Lemah 

Cara Memperbaiki Bunyi Klotok-Klotok Mesin CB150R

Masalah pertama berlangsung waktu mesin kita gas pada RPM menengah ke tinggi. Tandanya, seperti nada rantai kendor serta nada ini juga akan begitu terdengar terang saat deselerasi mesin.

Memanglah, problem ini muncul karena rantai timming kendor. Hingga punya potensi mengakibatkan pergerakan yang menyebabkan tumbukan pada rantai dengan roda gigi. Tumbukan itu memanglah tidak keras tapi karna putaran mesin tinggi serta banyak roda gigi yang bertumbukan dengan rantai jadi suaranya juga makin berisik.

Apa sich peranan rantai timming ini? rantai timming atau rantai keteng itu mempunyai peranan untuk menggerakan dua buah poros nok memakai putaran mesin, jadi rantai berikut yang juga akan menghubungkan poros engkol serta poros nok hingga bagaimanapun rantai timming tidak dapat kita menghilangkan dari mesin.

Pada umumnya, pada mekanisme rantai keteng ada satu komponen yang bernama tensioner. Peranan tensioner yaitu menegangkan (tension) rantai keteng untuk menanggulangi problem rantai kendor ini. Tapi, problemnya apakah tensioner dapat menegangkan rantai keteng ini?

Tensioner mempunyai part dengan nama lifter tensioner. Komponen ini memakai pegas untuk menghimpit rantai kearah dalam. Hingga rantai lebih tegang. Tapi, sebenarnya pegas ini kurang kuat untuk menahan rantai supaya tidak kendor. Hingga rantai masih tetap dapat bergerak melawan pegas serta bunyi kasar juga tidak terhindar.

Bagaimana Pemecahannya? 

Ada dua jalan keluar yang dapat diambil yaitu dengan lakukan penyetelan kemampuan pegas lifter dengan memberikan shim atau plat pengganjal supaya pegas dapat lebih ekstra kerjanya.

Jalan keluar yang ke-2, yaitu dengan lakukan pergantian tensioner dengan yang baru, tapi apakah mesti ganti dengan type yang sama. Bila dipikir-pikir, bila tensioner ori mudah lemah pegasnya, jadi hal problem ini juga akan kembali berlangsung bila kita menggunakan tensioner ori.

Untuk problem ini, banyak yang memiliki CB150r ganti tensioner punya Honda Karisma yang memiliki pegas lebih kuat. Atau ganti tensioner pegas ini dengan type ulir, tapi tenioner ulir atau manual ini memiliki resiko buat rantai keteng putus bila penyuetelan kemelut rantai tidak benar.

Paling akhir, yakinkan juga baut pengikat tensioner serta baut pengikat tensioner guide telah kencang sesuai sama event.

2. Check Celah Katup 

Celah katup yaitu ruangan pada rocker arm serta poros. Jarak ini di buat tidak rapat karna komponen-komponen ini terbuat dari besi serta kita ketahui sifat besi dapat memuai saat terima panas. Bila celah katup tidak di buat, jadi pemuaian pada rocker arm serta poros nok juga akan menghimpit batang katup hingga waktu katup juga akan sedikit terbuka saat nok tidak menghimpit rocker arm.

Dengan terdapatnya celah ini jadi katup juga akan tetaplah tertutup rapat walau mesin panas. Tapi, celah sangat besar juga akan menyebabkan bunyi berisik karna komponen memiliki bahan besi itu juga akan sama-sama bertumbukan. Karenanya, kita mesti melindungi celah katup supaya tetaplah baik. Biasanya pada mesin celah katup intake sekitar 0, 2 mm serta celah katup exhaust sekitaran 0, 3 mm. Lebih dari itu jadi mesin juga akan berisik.

Kenapa katup exhaust lebih longgar? karna katup ini juga akan terkait dengan gas buang sisa pembakaran yang suhunya lebih tinggi, jadi laju pemuaian pada katup exhaust semakin lebih besar.

Langkah awal anda butuh mengukur celah katup ini menggunakan pertolongan feeler gauge. Langkahnya, buka cover atas kepala silinder mesin ini lalu input feeler gauge dengan ketebalan 0, 20 mm pas di atas batang katup intake, lalu pergerakan feeler gauge. Bila anda rasa masih tetap longgar, cobalah lebih ketebalan feeler sampai merasa seret.

Saksikan ketebalan feeler yang dapat masuk ke celah dengan keadaan seret bila akhirnya lebih dari 0, 20 mm jadi kita butuh stel ulang celah katup. Tapi, bila tidak cobalah ukur celah katup exhaust.

Untuk menyetel celah katup mesin ini memanglah serupa penyetelam celah katup Suzuki Satria FU dengan ganti shim yang lebih tidak tipis. Tempat shim ini ada di atas batang katup, shim ini yaitu tempat rocker arm untuk menghimpit katup.

Langkahnya bongkar ke-2 poros nok, lalu naikan rocker arm serta shim juga akan tampak pada ujung batang katup. Ganti ketebalan shim dengan ukuran yang sesuai sama, shim ini umumnya di jual di sebagian bengkel serta bengkel resmi.

3. Goyangkan poros nok 

Cara Memperbaiki Bunyi Klotok-Klotok Mesin CB150R

Pengecekan ini dikerjakan sebelumnya anda membongkar poros nok mesin. Maksudnya yaitu untuk ketahui apakah poros nok oblak atau masih tetap kencang. Poros nok itu komponen berupa poros yang mempunyai benjolan atyau nok. Benjolan ini juga akan menghimpit katup supaya katup buka.

Dari hal tersebut, dapat diliat ada style keatas saat benjolan itu menyentuh nok. Bila poros oblak jadi ini juga akan menyebabkan bunyi klotok-klotok, dari tempat mana? dari celah pada poros serta penahan poros.

Bagaimana caranya mengeceknya? gampang saja amda tinggal menggerakan poros nok saat keadaannya masih tetap terpasang serta belum juga dikendorkan. Goyangkan ke sebagian arah bila ada sedikit kekocakan jadi itu mungkin saja sumber bunyinya.

Pemecahannya, check event kekencangan baut pengikat poros nok. Memanglah, asumsinya bila kita tidak sempat membongkar mesin jadi event pada baut komponen mesin harusnya masih tetap sama dengan event pabrikan, tapi kita tidak paham kalau baut pengkikat ini mempunyai ketahanan. Mengakibatkan mungkin baut ini meleset yang membuatnya kendor.

Sekian artikel lengkap tentang penyebabnya serta menangani mesin CB150r bunyi klotok-klotok. Mudah-mudahan berguna untuk kita semuanya serta dapat menaikkan pikiran kita.

0 Response to "Cara Memperbaiki Bunyi Klotok-Klotok Mesin CB150R"

Post a Comment